Gara-gara Burung, Pesawat Allegiant Air Mendarat Darurat

Kamis, 26 Juli 2018 - 01:52 WIB
Gara-gara Burung, Pesawat Allegiant Air Mendarat Darurat
Gara-gara Burung, Pesawat Allegiant Air Mendarat Darurat
A A A
ORLANDO - Sebuah pesawat Allegiant Air melakukan pendaratan darurat pada Rabu pagi di Bandara Internasional Orlando Sanford, Amerika Serikat (AS). Musababnya, seekor burung masuk ke mesin pesawat.

Pesawat dengan nomor penerbangan 1592 terbang dari Bandara Punta Gorda, Florida. Pesawat hendak terbang ke Milwaukee, namun dialihkan ke Bandara Internasional Orlando Sanford, sekitar 160 mil dari tempat lepas landas.

Tidak ada yang terluka selama pendaratan darurat. Maskapai yang berbasis di Las Vegas itu mengatakan kepada Fox News bahwa setelah diperiksa, ada sisa-sisa burung yang ditemukan di mesin pesawat.

“Penerbangan 1592 dari Punta Gorda ke Milwaukee mengalami serangan burung saat lepas landas dari Bandara Punta Gorda. (Penerbangan) ini dialihkan ke Bandara Internasional Orlando Sanford karena ada peringatan, di mana sisa-sisa burung ditemukan di mesin," kata pihak maskapai, yang dilansir Kamis (26/7/2018).

Para penumpang segera dipindahkan ke pesawat yang berbeda, di mana mereka melanjutkan perjalanan ke Milwaukee. Jumlah penumpang tidak dirinci pihak maskapai.

Informasi awal dari pejabat bandara menyatakan penyebab pendaratan darurat karena ada kekhawatiran bahwa ban mungkin meledak saat lepas landas. Namun, pihak maskapai mengklarifikasi bahwa insiden itu akibat serangan burung ketika pesawat meninggalkan Bandara Punta Gorda.

"Pesawat itu dialihkan ke Bandara Internasional Orlando Sanford karena peringatan dan sisa-sisa burung ditemukan di mesin," kata juru bicara Allegiant Air, Krysta Levy.

Maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Las Vegas ini merupakan maskapai penerbangan utama di Bandara Internasional Orlando Sanford. Pesawat mengkhususkan diri untuk terbang dari bandara yang lebih kecil untuk tujuan liburan.

Allegiant telah mengumpulkan perhatian nasional setelah serangkaian kecelakaan keamanan, termasuk masalah mekanis yang menyebabkan pembatalan penerbangan.

Awal bulan ini, serikat pilot di Allegiant Air mengatakan, pihaknya memilih untuk mengotorisasi aksi mogok terbang karena sistem penjadwalan maskapai mengabaikan senioritas dan preferensi pilot.

Maskapai itu telah bertransisi dari armada lama pesawat McDonnell-Douglas MD-80 ke pesawat Airbus A320. Namun peralihan belum lancar yang menyebabkan lusinan pembatalan penerbangan terjadi bulan lalu di Florida.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5753 seconds (0.1#10.140)