AS Desak Inggris Tingkatkan Anggaran Pertahanan

Rabu, 04 Juli 2018 - 14:15 WIB
AS Desak Inggris Tingkatkan Anggaran Pertahanan
AS Desak Inggris Tingkatkan Anggaran Pertahanan
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis mendesak pemerintah Inggris untuk meningkatkan anggaran pertahan mereka. Desakan ini disampaikan Mattis dalam sebuah surat kepada Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson.

"Sebuah negara global seperti Inggris, dengan kepentingan dan komitmen di seluruh dunia, akan membutuhkan tingkat pembelanjaan pertahanan di luar apa yang kita harapkan dari sekutu dengan hanya kepentingan regional," bunyi surat tersebut.

"Tidak adanya kekuatan militer yang mumpuni, perdamaian dunia dan stabilitas akan berada pada risiko lebih lanjut," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (4/7).

Mattis, dalam surat itu kemudian menyatakan keprihatinan bahwa kekuatan militer Inggris bisa berisiko mengalami erosi. Dia juga membandingkan Inggris dengan Prancis, yang telah berkomitmen untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan secara signifikan.

“Sebagai aktor global, Prancis dan AS telah menyimpulkan bahwa saat ini adalah waktu untuk meningkatkan investasi dalam pertahanan secara signifikan. Sekutu lainnya seharusnya mengikuti. Adalah kepentingan terbaik bagi kedua negara kita agar Inggris tetap menjadi mitra pilihan AS," ucapnya.

“Ini bukan hak saya untuk memberi tahu Anda bagaimana memprioritaskan pengeluaran domestik Anda, tapi saya harap Inggris akan segera dapat berbagi dengan kami cetak biru pertahanan terdepan yang jelas dan sepenuhnya didanai, yang akan memungkinkan saya untuk merencanakan keterlibatan masa depan kita dengan kekuatan dan kepercayaan diri penuh," ungkapnya.

Media-media Inggris berpendapat bahwa surat itu mungkin telah dibocorkan oleh Williamson, yang ingin melihat kenaikan anggaran pertahanan negara tersebut. Surat itu juga telah dinilai oleh media setempat sebagai intervensi dalam kebijakan domestik Inggris.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5217 seconds (0.1#10.140)