Presiden China Xi Jinping Sebut Vladimir Putin Sahabat Baiknya

Jum'at, 08 Juni 2018 - 23:11 WIB
Presiden China Xi Jinping Sebut Vladimir Putin Sahabat Baiknya
Presiden China Xi Jinping Sebut Vladimir Putin Sahabat Baiknya
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping memberikan medali persahabatan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin selama kunjungan ke Beijing. Jinping menyebut presiden Rusia itu sebagai sahabat baiknya.

Putin mengambil jalan memutar dalam perjalanan ke pertemuan puncak keamanan di kota pelabuhan Cina Qingdao untuk menerima medali penghargaan negara tertinggi dari China yang diberikan kepada orang asing. Upacara pemberian medali itu dilakukan di Aula Besar Rakyat di Beijing.

Kedua pemimpin itu kemudian menghadiri pertandingan hoki es antara tim pemuda Rusia dan Cina.

Pemberian medali itu adalah peristiwa terbaru dalam serangkaian sikap publik saling mengagumi di antara kedua pemimpin negara itu. Pada kunjungan terakhir Jinping ke Moskow, pada Juli 2017, Putin menjadikannya anggota Orde St Andrew, ordo kesatria tertinggi Rusia.

Memberikan presiden Rusia dengan Friendship Award, Jinping pertama kalinya memberi penghormatan kepada Putin sebagai teman baik dan teman lama dari China.

“Saya melihat ini sebagai pengakuan dan evaluasi upaya Rusia untuk mengembangkan kemitraan strategis yang komprehensif dengan China,” kata Putin saat menerima penghargaan itu seperti dikutip dari The Week, Jumat (8/6/2018).

Putin bersikap terbuka tentang persahabatannya dengan Jinping selama wawancara dengan penyiar stasiun televisi negara China, CGTN, awal pekan ini.

Ditanyakan tentang kesannya terhadap pemimpin seumur hidup China, Putin mengatakan Jinping adalah sosok yang mudah bergaul dan tulus.

"Mungkin satu-satunya pemimpin negara yang merayakan ulang tahun saya," cetusnya.

“Kami hanya meminum beberapa vodka bersama dan memasak sosis,” kenangnya.

“Saya tidak pernah memiliki hubungan seperti itu dengan rekan asing lainnya,” imbuhnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5257 seconds (0.1#10.140)