Dilanda Banjir Bandang Dahsyat, Maryland AS Berstatus Darurat

Senin, 28 Mei 2018 - 08:20 WIB
Dilanda Banjir Bandang Dahsyat, Maryland AS Berstatus Darurat
Dilanda Banjir Bandang Dahsyat, Maryland AS Berstatus Darurat
A A A
BALTIMORE - Jalan-jalan utama di berbagai kota di negara bagian Maryland, Amerika Serikat (AS) terendam akibat banjir bandang dahsyat. Gubernur Larry Hogan mengumumkan keadaan darurat di wilayah tersebut dan mendesak warga tidak melakukan perjalanan.

Status darurat untuk negara bagian Maryland diumumkan Gubernur Hogan melalui Twitter pada hari Senin (28/5/2018). Dia menginstruksikan badan darurat lokal dan badan darurat negara bagian lain untuk membantu mengurangi dampak bencana.

Hogan mengatakan dia sedang dalam perjalanan ke Ellicott City, wilayah yang paling buruk terkena banjir bandang.

"Saya telah berbicara dengan Ekesekutif Howard County Allan Kittleman dan saat ini sedang menuju ke Ellicott City. Saya telah mengarahkan MDMEMA (Maryland Emergency Management Agency) untuk membantu dalam kapasitas apa pun yang memungkinkan, dan banyak lembaga negara lainnya menyediakan dukungan. Saya telah menyatakan keadaan darurat," tulis Hogan via akun @GovLarryHogan.

Warga di Ellicott City dan Baltimore ramai-ramai menyelamatkan diri tak lama hujan setelah deras memicu banjir bandang sejak hari Minggu waktu setempat.

"Ini adalah situasi yang sangat berbahaya dan sangat sulit, dan Anda harus pindah ke tanah yang tinggi segera dan tinggal jauh dari mana saja di mana air bergerak," kata Layanan Cuaca Nasional Baltimore dalam sebuah pernyataan.

Menurut pemerintah Howard County, Ellicott City, yang terletak hanya 55 meter (180 kaki) di atas permukaan laut, mengalami banjir pada skala yang sama seperti yang terjadi pada tahun 2016. Sekadar diketahui, banjir bandang di Maryland tahun 2016 menyebabkan kerusakan parah yang meluluhlantakkan pusat sejarah kota, mempengaruhi banyak rumah, bisnis dan tempat wisata terkenal, serta menewaskan dua orang.

Hingga Minggu malam, wilayah status darurat telah diperpanjang hingga mencakup area di sepanjang Sungai Patapsco di Anne Arundel County, serta seluruh Howard dan Baltimore.

Pihak berwenang di Maryland memperingatkan warga setempat untuk tidak menyeberang jalan yang tergenang banjir.

Laporan lain dari Howard County Fire and Rescue menyatakan, ada bangunan yang runtuh akibat banjir bandang yang terus-menerus. Tim penyelamat sedang menuju ke tempat kejadian.

"Jika Anda berada di pusat Ellicott City sekarang dan menyaksikan penyelamatan, tolong bantu kami dengan evakuasi. Lebih banyak hujan yang kemungkinan turun, dan kondisinya berubah dengan cepat," tulis Howard County Fire and Rescue di Twitter.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6452 seconds (0.1#10.140)
pixels