Yamaguchi, Master Copet Jepang sejak 1965 Ditangkap Polisi

Jum'at, 25 Mei 2018 - 15:11 WIB
Yamaguchi, Master Copet...
Yamaguchi, Master Copet Jepang sejak 1965 Ditangkap Polisi
A A A
TOKYO - Polisi di Tokyo telah menangkap seorang master copet di Jepang yang dikenal beraksi sejak 1965. Dia adalah Kazutoshi Yamaguchi yang dijuluki media sebagai "Bag Master Yamaguchi".

Aksi Yamaguchi kerap dilakukan di sistem transportasi umum. Dia pertama kali berurusan dengan polisi tahun 1965 karena mencopet, namun karier kriminalnya kemungkinan lebih awal dari tahun itu.

Yamaguchi, yang saat ini berusia 69 tahun dan telah menikmati dana pensiun, ditahan pada hari Senin setelah mencoba mencopet dompet berisi Y6.000 (USD55) dari seorang wanita berusia 19 tahun di kereta api Tokyo Toei Oedo Line.

Kantor berita ANN melaporkan Yamaguchi mengakui tuduhan tersebut."Saya mengambil dompet itu karena muncul di depan saya," katanya yang ditirukan seorang polisi, sebagaimana dilansir South China Morning Post, Jumat (25/5/2018).

Dengan tampang yang tidak seram, para penumpang kereta api tidak menyadari jika Yamaguchi adalah master copet.

Media Jepang, The Tokyo Reporter, melaporkan bahwa polisi juga baru menyadari bahwa tersangka adalah "Bag Master Yamaguchi".

Kasus ini menggarisbawahi masalah kriminalitas yang berkembang yang dilakukan oleh populasi orang tua yang tumbuh di Jepang.

Data statistik pemerintah yang dirilis November lalu menunjukkan bahwa para penjahat di atas usia 65 tahun sekarang lebih mungkin untuk mengulang kembali kejahatannya dalam waktu dua tahun setelah dibebaskan dari penjara ketimbang para penjahat muda.

Sebanyak 2.498 pensiunan di Jepang dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2016, yang sebagian besar karena kasus mengutil dan pencurian. Angka ini meningkat empat kali lipat dari data tahun 1997. Dan dari jumlah itu lebih dari 70 persen telah menjalani hukuman penjara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7515 seconds (0.1#10.140)