Enam Kandidat Perebutkan Kursi Kepresidenan Turki

Kamis, 10 Mei 2018 - 20:48 WIB
Enam Kandidat Perebutkan Kursi Kepresidenan Turki
Enam Kandidat Perebutkan Kursi Kepresidenan Turki
A A A
ANKARA - Dewan Pemilihan Tertinggi Turki menyatakan, sampai saat ini sudah ada enam orang yang mencalonkan diri sebagai Presiden Turki, salah satunya adalah Presiden Turki saat ini, Tayyip Erdogan. Turki dijadwalkan akan menggelar pemilihan umum pada akhir Juni mendatang.

Selain Erdogan, menurut Dewan Pemilihan Tertinggi Turki, lima orang lainnya yang maju sebagai capres adalah Muharrem Ince, Meral Aksener, Selahattin Demirtas, Temel Karamollaoglu dan Dogu Perincek.

Melansir Anadolu Agency pada Kamis (10/5), Ince adalah sosok yang dicalonkan oleh Partai Republik Rakyat Turki atau CHP, yang tidak lain adalah partai opsisi utama di pemerintahan saat ini.

Partai oposisi lainnya, yakni Partai IYI mencalonkan Aksener sebagai capres dari sisi mereka. Sementara itu, Partai Saadet mencalonkan ketua mereka yakni Karamollaoglu sebagai capres dari partai mereka.

Sedangkan Demitras, salah seorang tokoh oposisi terkemuka di Turki, dicalonkan oleh partai Partai Demokrat Rakyat (HDP). Pada November 2016, Demirtas bersama dengan 12 anggota parlemen HDP, ditangkap atas tuduhan terkait aksi teror.

Erdogan, yang telah menjabat sejak 2014 diprediksi akan kembali terpilih sebagai Presiden Turki. Erdogan sendiri selain didukung oleh Partai AK, di juga didukung oleh Partai Gerakan Nasionalis (MHP),
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7943 seconds (0.1#10.140)