Demonstrasi Warnai Pertemuan Pemimpin Korsel dan Korut

Jum'at, 27 April 2018 - 15:17 WIB
Demonstrasi Warnai Pertemuan...
Demonstrasi Warnai Pertemuan Pemimpin Korsel dan Korut
A A A
SEOUL - Aksi demonstrasi dilaporkan mewarnai pertemuan antara pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in. Demonstran menolak kehadiran Jong-un di Korsel dan menolak rencana damai kedua negara.

Demonstrasi yahg diikuti ratusan orang tersebut berpusat di Paju City, yang berlokasi tidak jauh dari desa Panmunjom, yang merupakan lokasi pertemuan Jong-un dan Jae-in. Dalam aksinya, mereka membawa sejumlah poster yang berisi kecaman kepada Jong-un.

"Sudah waktunya untuk mengebom Korut," bunyi salah satu poster yang dibawa oleh demonstran, seperti dilansir Russia Today pada Jumat (27/4).

Mereka juga membakar gambar bendera Korut dan juga wajah Jong-un. Dalam aksinya para demonstran juga mendesak Jae-in untuk mundur sebagai Presiden Korsel, karena menggelar pertemuan tersebut.

Pertemuan antara Jong-un dan Jae-in ini sendiri menjadi sejarah, karena Jong-un menjadi pemimpin pertama yang menyeberang dan menginjakkan kakinya di tanah Korsel sejak perang Korea 1953.

Jong-un terlihat disambut Moon usai menyeberangi perbatasan dan menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di tanah Korea Selatan.

Pembicaraan antar-Korea dijadwalkan berlangsung dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 10.30 waktu setempat, di mana kedua pemimpin menanam pohon pinus di perbatasan yang berfungsi sebagai simbol perdamaian dan kemakmuran. Sesi kedua adalah acara inti, yakni pembicaraan antara Jong-un dan Jae-in.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)