Polisi Rahasia Paling Ditakuti Sepanjang Sejarah

Selasa, 03 April 2018 - 12:32 WIB
Polisi Rahasia Paling Ditakuti Sepanjang Sejarah
Polisi Rahasia Paling Ditakuti Sepanjang Sejarah
A A A
BANYAK negara membentuk organisasi yang bertugas menjaga keamanan salah satunya polisi rahasia. Polisi rahasia telah beroperasi terlebih dahulu di seluruh dunia, sebelum kedatangan pasukan keamanan yang lebih sah, seperti sekarang ini.

Tapi ironis, banyak organisasi polisi rahasia yang justeru tidak melindungi masyarakat namun justru menjadi antek penguasa dengan melakukan kekejaman. Berikut 10 polisi rahasia paling ditakuti.

Gestapo (Nazi Jerman)
Gestapo merupakan salah satu pasukan polisi rahasia paling terkenal di era Nazi. Kelompok ini merupakan kekuatan resmi negara Jerman selama Perang Dunia II. Mereka dikenal kejam dan pihak paling bertanggung jawab (bersama dengan SS) mengumpulkan orang-orang Yahudi di Eropa untuk dideportasi pada berbagai kamp konsentrasi.

Kempeitai (Jepang)
Polisi rahasia milik Jepang ini memang sudah tidak diragukan lagi kengeriannya. Di tangan mereka, banyak sekali nyawa-nyawa tak berdosa dikorbankan. Bahkan saat perang, polisi rahasia Jepang ini kerap menculik orang dan langsung dieksekusi begitu saja tanpa adanya belas kasihan.

Santebal
Santebal adalah polisi rahasia Kamboja di era rezim Khmer Merah. Di masa lalu anggota Santebal banyak sekali menangkap orang yang dianggap bersalah, lalu memasukkannya ke dalam kamp konsentrasi. Kamp penjara Tuol Sleng (S-21) adalah yang paling terkenal dari 150 pusat eksekusi di Kamboja. Setidaknya 3 juta orang secara brutal disiksa dan dieksekusi selama genosida di Kamboja antara 1975 dan 1979.

Stasi (Jerman Timur)
Dikenal juga sebagai Polisi Rahasia Jerman Timur yang berkantor pusat di Berlin Timur dengan kompleks besar di Berlin-Lichtenberg dan beberapa fasilitas kantor lainnya di seluruh kota. Stasi merupakan polisi rahasia paling efektif dan represif di dunia. Dengan moto "Schild und Schwert der Partei" (Perisai dan Pedang Partai), Stasi merupakan organ partai berkuasa Partai Persatuan Sosialis Jerman atau Sozialistische Einheitspartei Deutschlands (SED).

Securitate (Rumania)
Securitate atau Departamentul Securitatii Statului (Departmen Keamanan Negara) adalah polisi rahasia Rumania. Dinas rahasia ini didirikan sejak 30 Agustus 1948 dengan bantuan Uni Soviet. Dinas ini kemudian dibubarkan pada 1989 menyusul jatuhnya Presiden Nicolae Ceausescu. Di bawah Ceau?escu, Sekuritate adalah salah satu pasukan polisi rahasia paling brutal di dunia, yang bertanggung jawab atas penangkapan, penyiksaan, dan kematian ribuan orang.

NKVD/The Cheka/KGB (Uni Soviet/Rusia)
Setidaknya ada tiga polisi rahasia dalam sejarah Uni Soviet dan Rusia. Meski eranya berbeda namun semuanya memiliki satu kesamaan yakni sama kejinya. Komisariat Rakyat untuk Urusan Dalam Negeri (NKVD) dibentuk pada 1934 di bawah kepemimpinan brutal Joseph Stalin. Dibawah komando Stalin, NKVD membantu menjaga populasi Uni Soviet terkendali-terutama melalui gulag (kamp kerja paksa). Kamp-kamp kerja paksa ini menyebabkan kematian lebih dari 10 juta tahanan. Suksesor Stalin yakni Nikita Khrushchev membubarkan NKVD meski menggantinya dengan KGB.

Tonton Macoutes (Haiti)
Tonton Macoutes adalah kelompok polisi rahasia yang dibentuk oleh diktator Jean Claude “Papa Doc” Duvalier di Haiti. Kelompok ini terkenal sangat mengerikan sejak pertama kali dibentuk. Tonton Macoutes sangat senang menculik anak-anak di jalanan yang kemudian dimasukkan ke dalam kantong untuk dibunuh.

Oprichniki (Imperium Rusia)
Rusia jelas bukan tempat mudah untuk hidup selama bertahun-tahun di bawah pemerintahan Tsar Ivan the Terrible yang memiliki pasukan polisi rahasia Oprichniki. Antara 1565 dan 1572, pasukan polisi rahasia ini dikerahkan ke pedesaan Rusia untuk menakuti-nakuti para petani. Dalam satu pembantaian massal di Novgorod, Oprichniki membunuh hingga 30.000 warga Rusia. Lebih dari 50.000 orang Rusia diyakini tewas selama tujuh tahun ketika pasukan polisi rahasia ini beroperasi.

Jinyiwei (Kekaisaran China)
Jinyiwei atau The "Brocade-Clad Guard" adalah pasukan polisi rahasia yang melayani Kekaisaran China di era Dinasti Ming selama 262 tahun. Polisi rahasia ini dibentuk oleh Kaisar Hongwu pada 1368. Jinyiwei berevolusi dari pengawal kaisar menjadi mata dan telinganya kekaisaran dalam bentuk polisi rahasia. Peran mereka menjaga kaisar dengan meniadakan lawan politik, termasuk dengan penyiksaan dan interogasi brutal.

Central Office Of Bandirty Repression (Republik Afrika Tengah)
Awalnya organisasi ini hanyalah grup militer yang bertugas melindungi negara. Namun lambat laun mereka bertransformasi menjadi sebuah organisasi yang dilengkapi dengan banyak sekali peralatan canggih. Bahkan, mereka juga memiliki banyak agen rahasia yang bekerja dengan sangat teliti dan susah sekali ditemukan.Polisi rahasia ini dikenal berperilaku tangan besi di Republik Afrika Tengah.

Frumentarii (Kekaisaran Romawi)
Frumentarii adalah polisi rahasia Kekaisaran Romawi abad ke-2 dan ke-3. Beroperasi dari di Castra di Roma, polisi rahasia ini awalnya adalah pemasok biji-bijian untuk tentara kekaisaran sebelum akhirnya berevolusi menjadi kekuatan polisi rahasia. Dibenci oleh seluruh penduduk Romawi, pasukan ini membunuh lawan-lawan politik dan menghukum orang-orang yang menentang kekaisaran. Namun akhirnya pasukan itu dibubarkan oleh Kaisar Diocletian.

Negara dengan Jumlah Polisi Terbanyak

China 1,6 juta
Selain memiliki jumlah tentara terbanyak di dunia, China juga menerapkannya pada korps kepolisian mereka. Sebanyak 1,6 juta polisi disiapkan menjaga stabilitas negeri tirai bambu. Namun, jumlah kepolisian sebanyak itu belum cukup mengimbangi jumlah penduduknya yang mencapai miliaran orang

India 1,5 juta
India juga memiliki jumlah polisi yang angkanya fantastis, yakni lebih dari 1,5 juta anggota. Namun, lagi-lagi hal itu belum memenuhi standard PBB. Jika dibandingkan dengan total penduduk India yang nyaris tembus angka 1,2 miliar, rata-rata hanya ada sekira 120 petugas untuk 100 ribu orang.

Amerika 794.300
Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu negara dengan kekuatan armada polisinya yang besar. Hampir menembus angka sejuta anggota, prestasi yang ditorehkan kepolisian negeri Paman Sam itu juga mengagumkan. AS tercatat sebagai negara dengan penanganan kriminal terbaik di dunia.

Rusia 782.000
menuntut negara itu untuk memperkuat armada kepolisiannya di samping juga militernya. Merujuk standard PBB, jumlah kepolisiani Rusia sudah sangat ideal. Di mana 546 personel untuk 100 ribu orang penduduk. Jumlah tersebut bahkan dua kali lipat dari standard PBB.

Indonesia 579.000
Indonesia menjadi negara satu-satunya di Asia Tenggara dengan jumlah kepolisian terbesar dan telah memenuhi standard yang direkomendasikan PBB. Jika PBB tadi menyarankan 222 petugas polisi untuk mengawal per 100 ribu orang penduduk, Indonesia jelas sudah melampauinya dengan memiliki 243 personel.

Polisi Teladan Indonesia
Di tengah buruknya citra polisi rahasia di dunia serta dunia kepolisian, Indonesia pernah melahirkan sejumlah nama polisi teladan yang ayak dijadikan panutan. Siapa saja mereka?

Komisaris Jenderal Mohammad Jasin
Komjen Pol Mohammad Jasin dikenal sebagai Bapak Korps Brigade Mobil Indonesia.

Brigjen Polisi Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa
Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa merupakan perwira polisi pertama di Indonesia yang diangkat menjadi gubernur.

Jenderal Hoegeng
Jenderal Hoegeng Imam Santoso menjabat sebagai Kapolri dari 9 Mei 1968 hingga 2 Oktober 1971. Sepanjang sejarah, Hoegeng adalah polisi yang paling terkenal karena na kejujurannya

Brigadir Royadin
Jika ada polisi yang berani menilang Sultan Yogyakarta sekaligus Menteri Pertahanan Republik Indonesia, hanya Brigadir Royadin orangnya. Peristiwa ini terjadi pertengahan tahun 1960an di Pekalongan, Jawa Tengah. (Bobby Firmansyah)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5357 seconds (0.1#10.140)