Tingkatkan Skill Anak TKI, Rusdi Janji Bangun Sekolah Kejuruan

Jum'at, 16 Maret 2018 - 22:55 WIB
Tingkatkan Skill Anak TKI, Rusdi Janji Bangun Sekolah Kejuruan
Tingkatkan Skill Anak TKI, Rusdi Janji Bangun Sekolah Kejuruan
A A A
SARAWAK - Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana menyatakan pihaknya berencana untuk membangun sebuah sekolah kejuruan. Ini dilakukan untuk mengasah kemampuan anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tinggal di Malaysia bersama orang tua mereka.

"Sekarang sekolah di sini, nanti dalam dua tiga tahun kita akan bangun sekolah kejuruan misalnya perbaikan mesin, perhotelan, memasak. Kita koordinasi dengan pemilik ladang mereka butuhnya apa, nanti kita latih," kata Rusdi saat meresmikan Community Learning Center (CLC) di perkebunan sawit Taniku di Miri, Sarawak, Jumat (16/3/2018).

Rusdi kemudian mengingatkan kepada orang tua dan anak-anak mereka bahwa sekolah itu adalah hal yang penting. Ia lalu mengatakan kepada orang tua untuk tidak segan-segan bertidak tegas jika anak-anak mereka malas untuk sekolah.

"Sekolah itu penting. Anak-anak jangan lagi kerja di ladang. Mereka harus kerja di sektor formal, jadi dokter. Kalau anak-anak enggak mau sekolah, sabet saja tapi pakai kasih sayang," ucapnya.

Mengenai CLC di Taniku, CLC ini sendiri sejatinya sudah mulai beroperasi sejak Desember lalu namun baru sempat diresmikan. CLC tersebut memiliki 33 orang murid yang di antaranya 21 murid prasekolah dan 12 murid Sekolah Dasar.

Terdapat dua guru yang memberikan pelajaran di sekolah ini, di mana keduanya juga merupakan para TKI yang bekerja di perkebunan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4812 seconds (0.1#10.140)