Temui Ulama Rusia, Menlu RI Gaungkan Islam yang Damai

Selasa, 13 Maret 2018 - 14:08 WIB
Temui Ulama Rusia, Menlu RI Gaungkan Islam yang Damai
Temui Ulama Rusia, Menlu RI Gaungkan Islam yang Damai
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dilaporkan telah melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Mejelis Muslim Federasi Rusia, Damir Gizatulli. Dalam pertemuan yang berlangsung di Masjid Agung Moskow itu, Retno mengajak umat Islam di Rusia, yang jumlahnya sekitar 25 juta umat, untuk sama-sama dengan umat Muslim di Indonesia, menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan teloransi.

“Indonesia memiliki umat Muslim terbesar dunia dan Rusia jumlah muslimnya juga cukup banyak, sehingga akan baik apabila hubungan bisa ditingkatkan dan sama-sama menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan teloransi yang saat ini dibutuhkan,” ucap Retno, seperti tertuang dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Selasa (13/3).

Masjid Agung Moskow adalah salah satu masjid terbesar tidak hanya di Rusia, tetapi juga di Eropa yang dibangun pertama kali pada tahun 1904. Pada tahun 1956, Presiden Soekarno juga sempat berkunjung ke Masjid Agung ini.

Untuk menampung jemaah yang semakin besar, masjid tersebut mengalami renovasi tahun 2011, serta diresmikan sehari sebelum Idul Adha pada bulan September 2015 oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Di Masjid Agung Moskow juga terdapat sekolah untuk mendidik dan mempersiapkan para imam dan khatib. Menanggapi Wakil Ketua Majelis Muslim Federasi Rusia mengenai sekolah tersebut, Retno mengusulkan dilakukannya pertukaran imam.

Lebih lanjut Retno menyampaikan rencana pertemuan interfaith dialog Indonesia-Rusia pada akhir tahun ini, dan harapkan dukungan dari Dewan Mufti Rusia.

Masjid Agung Moskow sendiri memiliki luas 18.900 meter per segi dengan enam lantai dan dapat menampung sekitar 10 ribu jemaah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3531 seconds (0.1#10.140)