Maduro Sebut Komisioner HAM PBB Tumor dan Boneka AS

Sabtu, 10 Maret 2018 - 11:25 WIB
Maduro Sebut Komisioner HAM PBB Tumor dan Boneka AS
Maduro Sebut Komisioner HAM PBB Tumor dan Boneka AS
A A A
CARACAS - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyebut Kepala Badan HAM PBB sebagai boneka Amerika Serikat (AS) yang telah menanamkan dirinya seperti tumor. Maduro pun menegaskan jika Kepala Badan HAM PBB tidak berhak mengkritik cara suksesor Hugo Chavez itu menangani Venezuela yang tengah dilanda krisis.

Komisaris Tinggi untuk HAM PBB, Zeid Ra'ad Al Hussein, pada Rabu lalu mengatakan bahwa kejahatan terhadap kemanusiaan mungkin telah dilakukan oleh pasukan Venezuela. Ia pun menyuarakan kekhawatirannya akan "erosi institusi demokratis" di negara itu.

Maduro, yang mengatakan ada plot sayap kanan untuk menyabotase pemerintahannya, membelokkan kritik tersebut selama komentar singkat kepada wartawan yang disiarkan di televisi pemerintah.

"Komisaris tinggi adalah militan fasis sayap kanan Venezuela. Dia adalah pion dari Departemen Luar Negeri AS yang tertanam seperti tumor dalam sistem hak asasi manusia,"kata Maduro.

"Dia adalah orang yang telah kehilangan semua kredibilitas untuk bersaing dengan negara kita," sambungnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/3/2018).

Politisi oposisi mengatakan bahwa Maduro yang semakin terisolasi memilih bertarung dengan kritikus asing daripada mencoba memperbaiki krisis ekonomi yang brutal di negara kaya minyak itu. Warga Venezuela telah menderita selama lima tahun terakhir akibat resesi. Krisis juga telah memicu penyakit, malnutrisi, hiperinflasi dan emigrasi massal.

Koalisi oposisi utama memboikot pemilihan presiden pada bulan Mei mendatang, dengan mengatakan bahwa ini adalah lelucon yang dimaksudkan untuk melegitimasi "kediktatoran" Maduro.

Zeid juga mengkritik pemungutan suara minggu ini, dengan mengatakan bahwa dengan cara apapun konteksnya tidak memenuhi syarat minimal untuk pemilihan yang bebas dan dapat dipercaya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5879 seconds (0.1#10.140)