Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini

Senin, 19 Februari 2018 - 09:15 WIB
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
A A A
JAKARTA - Kapal induk menjadi salah satu simbol raksasa Angkatan Laut sebuah negara meski biaya pembangunan dan operasionalnya sangat besar. Kapal raksasa ini menjadi rumah sekaligus landasan pacu pesawat-pesawat jet tempur canggih ketika dalam patroli militer maupun perang.

Angkatan Laut Amerika Serikat mengandalkan kapal induk sebagai pelindung kedaulatan Washington dan sesekali jadi “penggertak” negara musuh. Rata-rata, operasional kapal raksasa AS ini didukung oleh reaktor nuklir ganda.

Mantan Menteri Pertahanan William Cohen sangat suka mengatakan bahwa tanpa ”flattops”, AS memiliki ”suara yang kurang” atau “kurang pengaruhnya” di dunia. Terbukti, banyak negara dunia juga percaya argumennya tersebut.

Beberapa tahun terakhir masyarakat internasional disuguhi pemandangn dan laporan perkembangan banyak kapal induk. Beberapa negara, seperti India dan Spanyol mengundurkan diri dari pengembangan kapal induk.

Sedangkan China menugaskan kapal induk pertamanya, dan Inggris pamer kapal induk yang diklaim eksklusif.

Secara keseluruhan, ada 20 kapal induk—mampu meluncurkan pesawat jet tempur—yang saat ini beroperasi di dunia. SINDOnews.com pada Senin (19/2/2018) merangkum daftar 20 kapal raksasa ini dengan sumber laporan Business Insider. Berikut daftarnya;

1. HMS Queen Elizabeth
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
Kapal HMS Queen adalah kapal induk terbaru Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan saat ini jadi satu-satunya yang aktif di korps militer.

Tahun Ditugaskan: 2017.

Sistem Propulsi: Kapal ini mengandalkan dua alternator turbin gas Rolls-Royce Marine dan empat mesin diesel.

Sejarah: HMS Queen Elizabeth adalah kapal utama di kelasnya dan salah satu kapal induk terbaru di dunia. Saat ini menjadi satu-satunya yang aktif di Inggris. Namun, negara tersebut sedang dalam proses pembangunan kapal induk HMS Prince of Wales.

Kapal yang namanya diambil dari nama ratu Inggris tersebut mulai dibangun pada bulan Juli 2009 dan rampung pada bulan Juli 2014. Kapal ditugaskan secara resmi pada bulan Desember 2017.

Keunikan dari kapal ini adalah memiliki dua menara kontrol, satu untuk operasi laut, dan satu lagi untuk operasi udara.

Kapal dapat membawa hingga 40 pesawat, dengan jet tempur F-35 sebagai jet sayap tetap utama untuk kapal. Moda tempur udara lain yang direncanakan untuk dibawa adalah helikopter Chinook, helikopter Apache AH MK1, helikopter pengangkut AW101 Merlin, dan helikopter AW159 Wildcat.

Baru-baru ini, HMS Queen Elizabeth berlabuh untuk pertama kalinya di pelabuhan luar negeri saat mengunjungi Gibraltar pada Februari 2018. Kapal dijadwalkn beroperasi penuh pada tahun 2020.

2. USS Gerald R. Ford
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
Kapal ini merupakan kapal induk terbaru Angkatan Laut Amerika Serikat (AS)

Panjang kapal:1.106 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2017

Sistem Propulsi: Mengandalkan sistem propulsi nuklir Northrop Grumman dan sistem distribusi tenaga listrik zonal.

Sejarah: USS Gerald R. Ford dibangun pada bulan November 2009 dan selesai pada bulan Oktober 2013. Secara resmi ditugaskan pada bulan Juli 2017.

Kapal ini merupakan kapal induk utama di kelasnya, dan direncanakan menjadi kapal induk pertama dari 10 kapal induk baru.

Kapal tersebut masih dalam tahap pengujian, namun direncanakan untuk memiliki pelengkap lebih dari 75 pesawat tempur yang kebanyakan F-35Cs. Karena ini adalah kapal induk Angkatan Laut terbaru, senjata baru dapat ditambahkan ke kapal USS Gerald R Ford dalam tahun-tahun mendatang, termasuk laser.

Kapal tersebut memiliki sejumlah teknologi baru, seperti Electromagnetic Aircraft Launch System, yang dimaksudkan untuk menggantikan sistem peluncuran tenaga uap yang saat ini digunakan pada sejumlah kapal induk.

Gerald R. Ford baru-baru ini menguji peluncuran F/A-18F Super Hornets dari deknya pada Juli lalu. Dari uji coba itu diharapkan kapal dapat beroperasi penuh dan terintegrasi serta memasuki layanan Angkatan Laut AS pada tahun 2022.

3. INS Vikramaditya
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
INS Vikramaditya adalah satu-satunya kapal induk Angkatan Laut India

Panjang: 930 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2013 (Angkatan Laut India), 1987 (Angkatan Laut Soviet).

Sistem Propulsi: Delapan boiler bertekanan turbo, empat poros, empat turbin uap.

Sejarah: INS Vikramaditya saat ini adalah satu-satunya kapal induk India, setelah India menghentikan operasional kapal induk INS Viraat pada awal 2017.

Vikramaditya adalah kapal induk Kiev-class yang dimodifikasi. Kapal ini pada awalnya dibangun untuk Angkatan Laut Soviet pada tahun 1982, dan melayani Uni Soviet dengan dua nama; Baku dari tahun 1987 sampai 1991, dan Admiral Gorshkov dari tahun 1991 sampai 1996.

India membeli kapal induk tersebut seharga USD2,35 miliar pada tahun 2004 setelah bertahun-tahun melakukan negosiasi. Setelah melakukan modernisasi dan modifikasi yang ekstensif, Vikramaditya memasuki layanan penuh di Angkatan Laut India pada tahun 2013.

Kapal ini membawa total 36 pesawat; 26 helikopter MiG-29K dan 10 Kamov Ka-31 dan Kamov Ka-28.

Vikramaditya baru-baru ini menjadi kapal pertama di Angkatan Laut India yang memiliki ATM di dalamnya.

4. Liaoning
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/Thomson REUTERS
Liaoning adalah kapal induk tempur pertama di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

Panjang: 999 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2012.

Sistem Propulsi: Turbin uap, delapan boiler, empat poros.

Sejarah: Liaoning adalah kapal induk Angkatan Laut PLA China. Kapal ini dibangun pada tahun 1985 dan pada awalnya ditujukan untuk Angkatan Laut Soviet.

Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1990an, kapal induk—yang hanya sedikit dari lambung kapal dengan peralatan yang tidak berfungsi—dibeli dari Ukraina oleh perusahaan yang berbasis di Makau pada tahun 1998.

China sebelumnya telah membeli dua kapal induk Soviet untuk digunakan sebagai tempat wisata, dan Liaoning—yang dikenal sebagai Varyag pada saat itu—dianggap terlalu buruk bila digunakan untuk tugas aktif militer. Angkatan Laut China lebih banyak fokus pada kapal selam pada saat itu.

Butuh waktu lebih dari setahun agar kapal induk ditarik ke China, di mana segera mulai dimodernisasi dan diaktifkan untuk tugas militer.

Liaoning selesai dimodernisasi pada tahun 2011 dan ditugaskan pada tahun 2012. Kapal ini berpartisipasi dalam latihan militer di Selat Miyako pada tahun 2016.

Kapal Liaoning dapat mengangkut 26 pesawat jet tempur multirole Shenyang J-15, 12 helikopter anti-kapal selam/helikopter Changhe Z-18, dan 2 helikopter Harbin Z-9.

5. USS George H.W. Bush
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/Kemenhan AS
USS George H.W. Bush adalah kapal induk pertama yang digunakan dalam operasi melawan ISIS oleh Amerika Serikat (AS).

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2009.

Yang Dibawa: 90 pesawat.

Kru : 3.200 pelaut dan 2.480 penerbang.

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap.

Sejarah: Nama diambil dari nama mantan Presiden AS yang juga seorang mantan penerbang Angkatan Laut Pentagon, George HW Bush. Kapal ini dijuluki sebagai "Avenger."

Kapal USS George H.W. Bush adalah tambahan dari kapal Nimitz-class terbaru untuk Angkatan Laut, yang dikirim pada bulan Mei 2009. Ini adalah kapal induk Nimitz-class terakhir.

USS George HW Bush pernah bertugas dalam Operation Enduring Freedom di Irak. Pada tahun 2014, jadi kapal pengangkut jet-jet tempur pertama yang meluncurkan serangan udara terhadap ISIS.

6. Cavour
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
Cavour adalah satu dari dua kapal induk Italia dan akan menjadi tuan rumah untuk pesawat jet tempur F-35 JSF.

Panjang: 735 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2008

Yang Dibawa: 20-30 pesawat, termasuk jet tempur Harrier.

Kru: 451 awak kapal, 203 awak pesawat, 140 staf komando, dan 325 marinir.
Sistem propulsi: Dua turbin gas, enam generator diesel.

Sejarah: Diluncurkan pada tahun 2004. Cavour adalah uggulan Angkatan Laut Italia. Misi pertama Cavour adalah menjalankan misi bantuan ke Haiti setelah gempa 2010.

Cavour pada akhirnya akan jadi panggung bagi jet-jet tempur F-35B Joint Strike Fighter (JSF) yang menggantikan jet-jet tempur Harriers yang sudah menua. Kapal ini memiliki ruang untuk sepuluh F-35B di hanggar dan enam di dek.

Sekadar diketahui, jet tempur jet F-35B memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat dalam jarak pendek.

7. USS Ronald Reagan
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/ABC
USS Ronald Reagan merupakan kapal induk AS yang ditugaskan pada tahun 2003.

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2003.

Yang Dibawa: 90 pesawat.

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang.

Sistem propulsi: 2 reaktor nuklir Westinghouse A4W, 4 turbin uap.

Sejarah: USS Ronald Reagan ditempatkan di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka, di Yosuka Jepang. Kapal ini pernah dikirim ke Teluk Persia pada 2006.

Kapal ini juga berfungsi baik dalam Operation Enduring Freedom di Irak.

USS Ronald Reagan pernahh menjalankan misi pengiriman bantuan ke Jepang setelah gempa dan tsunami, dan juga membantu Filipina setelah Topan Fengshen.

Kapal ini telah terlibat dalam sejumlah latihan militer di Asia sejak penempatannya ke Jepang. Pernah menjalani operasi gabungan dengan Australia, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Kapal induk ini juga telah terlibat dalam sejumlah tindakan “kepolisian” udara. Pada bulan Oktober 2015, jet-jet tempur dari USS Ronald Reagan mencegat dua pembom Rusia, Tupolev Tu-142, di sebelah timur Semenanjung Korea. November lalu, pesawat dari kapal ini kembali mencegat pesawat pembom Rusia yang terbang mendekatinya.

8. The Charles de Gaulle
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
The Charles de Gaulle adalah kapal induk satu-satunya Prancis bertenaga nuklir non-Amerika.

Panjang: 858 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2001.

Yang Dibawa: 20-40 pesawat, 800 komando, 500 butir amunisi.

Kru: 1.350 pelaut, 500 awak pesawat.

Sistem propulsi: Dua reaktor nuklir bertekanan air.

Sejarah: Ditugaskan pada Mei 2001. Pada awalnya, kapal ini diganggu dengan masalah produksi karena terjadi resesi pada awal konstruksi, dikaitkan dengan mata-mata Inggris dan mengalami masalah teknis menjelang akhir konstruksi.

Kapal induk ini dikirim ke Samudra Hindia selama Operation Enduring Freedom di Afghanistan.

The de Gaulle melakukan serangan udara terhadap target yang diyakini sebagai basis al-Qaeda dan terlibat patroli dengan Angkatan Laut AS di lepas pantai Pakistan.

Setelah serangkaian upgrade, The de Gaulle memberlakukan zona larangan terbang PBB di Libya pada tahun 2011. Armada kapal ini tersebut meluncurkan 1.350 serangan selama perang tersebut.

Baru-baru ini, The de Gaulle terlibat dalam kontribusi Prancis terhadap kampanye udara melawan ISIS di Irak dan Suriah, dengan kode nama Opération Chammal. Pada tahun 2016 pesawatnya ikut serta dalam pertempuran Mosul.

9. NAe São Paulo
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/Wikimedia Commons
Kapal induk ini dibeli Brasil dari Prancis seharga USD12 juta pada tahun 2000.

Panjang: 869 kaki.

Tahun Ditugaskan: 2000 (Brasil) 1963 (Prancis).

Yang Dibawa: 39 pesawat termasuk pesawat A-4 Skyhawks dan helikopter Sanyard Seahawk
Kru: 1.920 pelaut.

Sistem Propulsi: Enam boiler, empat turbin uap, dua baling-baling.

Sejarah: Dengan harga tawar-menawar yang mutlak sebesar USD12 juta, kapal induk São Paulo dibeli oleh Brasil untuk meningkatkan kemampuan armada tempurnya yang “sakit”.
Awalnya diluncurkan pada tahun 1959 oleh Prancis sebagai Foch. Kapal ini melayani sejumlah misi NATO di seluruh dunia.

Sejak ditransfer ke Brasil, kapall menjalani upgrade dari tahun 2005 sampai 2010 dan telah dilengkapi dengan helikopter Sanyard Seahawk dan A-4 Skyhawks.

São Paulo saat ini didemobilisasi. Kapal ini mengalami sejumlah kebakaran dan kecelakaan yang membuat kapal tidak layak dipertahankan, dan sekarang sedang menunggu decommissioning.

10. USS Harry S. Truman
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/US Navy
USS Harry S Truman merupakan kapal induk Angkatan Laut AS yang menerbangkan ribuan serangan dalam Operasi Pembebasan Irak.

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1998.

Yang Dibawa: 90 pesawat.

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang.

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap.

Sejarah: Truman, yang juga disebut sebagai "HST" atau "Lone Warrior," ditempatkan di Naval Station Norfolk di Virginia. HST diluncurkan pada akhir 1996. Pertama kali bertugas di luar negeri selama pelaksanaan zona larangan terbang dan konflik terakhir di Bosnia.

HST kemudian bertugas selama Operation Southern Watch dan menerbangkan 1.300 serangan selama Operasi Pembebasan Irak.

USS Harry S.Truman terlibat dalam kampanye udara melawan ISIS pada tahun 2015. Kapal ini telah mengerahkan jet-jet tempur yang menjatuhkan lebih dari 1.118 bom pada target ISIS, melewati rekor sebelumnya yang dibuat oleh jet-jet tempur dari kapal induk USS Theodore Roosevelt awal tahun 2015.

11. HTMS Chakri Naruebet
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/US Navy
Kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Thailand ini pada dasarnya adalah kapal Royal Yacht.

Panjang: 600 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1997.

Yang Dibawa: 4 sampai 6 helikopter Seahawk S-70B dan 675 tentara.

Kru: 393 pelaut, 62 petugas, 146 awak pesawat.

Sistem Propulsi: Dua turbin gas, empat mesin diesel.

Sejarah: Chakri Naruebet adalah satu-satunya kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Thailand.

Chakri Naruebet dibangun di Spanyol 1994 dan diluncurkan pada tahun 1996. Kapal tersebut telah menghabiskan sebagian besar usianya di dermaga, namun telah ditempatkan di beberapa misi bantuan bencana setelah terjadinya gempa dan banjir di sekitar Samudra Hindia tahun 2004, tahun 2010 dan 2011.

Kapal ini menjalani pelatihan per bulan. Selain jadi kapal militer, kapal tersebut juga digunakan untuk transportasi keluarga Kerajaan Thailand.

12. USS John C. Stennis
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/US Navy
Ini merupakan kapal induk AS yang ikut jadi pemeran utam dalam film Transformers.

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1995.

Yang Dibawa: 90 pesawat.

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang.

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap.

Sejarah: Stennis memiliki pelabuhan rumah di Pangkalan Angkatan Laut Kitsap di Washington. Kapal induk Ini dijuluki sebagai "Johnny Reb,". Namanya diambil dari mantan Senator John Stennis dari Mississippi dan ditugaskan pada 1995.

Kapal ini telah beroperasi di Operation Enduring Freedom dan telah terlibat dalam perburuan bajak laut di Teluk Persia. Kapal ini juga ditampilkan secara mencolok dalam film Transformers.

13. USS George Washington

Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/USN
Kapal induk AS ini menghiasi 200 halaman komik manga Jepang yang sengaja menuliskan tentang kiprahnya.

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1992.

Yang Dibawa: 90 pesawat.

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang.

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap.

Sejarah: USS George Washington, yang dijuluki sebagai "GW" atau "G-Dub", saat ini ditempatkan di Yokosuka, Jepang. Kapal ini pernah beroperasi di Teluk Persia pada tahun 2000, dan berada di Pelabuhan New York setelah serangan 9/11 untuk menyediakan kekuatan pertahanan wilayah udara.

Kapal ini ikut Operation Southern Watch dan Operation Enduring Freedom. Untuk menjelaskan kepada Jepang apa yang dilakukan kapal induk di pelabuhan mereka, Angkatan Laut AS memiliki manga 200 halaman yang dibuat untuk menjelaskan kapal tersebut. Sebanyak 30.000 eksemplar manga didistribusikan.

Ini adalah satu-satunya kapal Angkatan Laut Amerika Serikat yang menjadi subjek manga full-length dan resmi.

USS George Washington pernah terlibat dalam misi bantuan bencana di Filipina, menyusul terjadinya Topan Haiyan pada tahun 2013.

Kapal induk tersebut juga menjalankan misi bantuan untuk Haiti yang dilanda Badai Matius pada tahun 2016.

14. Admiral Kuznetsov
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
Admiral Kuznetsov merupakan satu-satunya kapal induk Rusia.

Panjang: 1.005 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1991.

Yang Dibawa: 41-53 pesawat, 14 jet tempur Su-33, 28 jet tempur MiG-29K, 15 helikopter Ka-27.

Kru: 1.960 pelaut, 626 awak kapal, 46 komando.

Sistem propulsi: Turbin uap, delapan boiler, sembilan turbogenerator, enam generator diesel, empat baling-baling.

Sejarah: Nama lengkap kapal ini adalah Laksamana Armada Uni Soviet Kuznetsov. Selain jadi kapal induk tunggal terbesar, Kuznetsov juga jadi unggulan Angkatan Laut Rusia.

Awalnya diluncurkan pada tahun 1985. Namun sempat tidak beroperasi penuh sampai tahun 1995 setelah runtuhnya Uni Soviet. Sejatinya, Kuznetsov memiliki “adik”, yakni kapal Varyag yang tidak pernah ditugaskan sampaik akhirny dijual ke China sebagai hulk oleh Ukraina.

Kuztnetsov menjadi kapal induk Rusia pertama yang pernah terlihat dalam pertempuran saat dikirim ke pantai Mediterania, Suriah, pada tahun 2016 untuk membantu operasi tempur Rusia melawan ISIS. Pesawat-pesawat tempur di atasnya menerbangkan banyak misi serangan dan mencapai 1.252 target.

Kuznetsov memang menunjukkan umurnya yang sudah uzur dengan kehilangan dua pesawat karena kerusakan teknis pada peralatan “penangkap”. Insiden pertama terjadi pada bulan November 2016 ketika sebuah pesawat MiG-29K kehabisan bahan bakar saat kawat penangkap sedang diperbaiki dan insiden kedua terjadi sebulan kemudian, ketika sebuah pesawat Su-33 jatuh karena kawat penangkap tersebut gagal menahan pesawat.

15. USS Abraham Lincoln
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
Kapal induk AS ini terkenal setelah jadi lokasi pidato Presiden George Walker Bush di depan sebuah spanduk “Mission Accomplished”.

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1989.

Yang Dibawa: 90 pesawat.

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap

Sejarah: USS Abraham Lincoln ditempatkan di Naval Station Everett di Washington dan dijuluki "Abe."

Ini pertama kali digunakan saat memberikan bantuan kepada personel AS di Pulau Luzon di Filipina selama letusan Gunung Pinatubo. Kapal tersebut memindahkan 45.000 orang ke luar pulau.

USS Abraham Lincoln pernah melakukan patroli di Mogadishu, Somalia dan merupakan kapal induk pertama yang sepenuhnya mengintegrasikan awak pesawat wanita.

Pernah juga bertugas dalam Operasi Pembebasan Irak. Presiden George Walker Bush berpidato di depan sebuah spanduk "Mission Accomplished" di atasnya setelah kapal kembali. Kapal ini membantu proses pemulihan usai tsunami di Jepang dan baru-baru ini melewati Selat Hormuz.

Setelah empat tahun pengisian bahan bakar dan perombakan yang kompleks, USS Abraham Lincoln akhirnya kembali bertugas aktif pada tahun 2017. Baru-baru ini dikirim ke Florida untuk misi bantuan bagi korban Badai Irma.

17. Giuseppe Garibaldi
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/YouTube
Kapal ini merupakan unggulan Italia selama beberapa dekade. Pernah bertugas di Kosovo, Libya, dan Afghanistan

Panjang: 591 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1985.

Yang Dibawa: Pesawat tempur Harrier II, helikopter AgustaWestland EH101.

Kru: 630 kru, 100 awak pesawat, 100 komando.

Sistem Propulsi: Empat turbin gas, enam generator diesel

Sejarah: Kapal induk pertama di Italia, Garibaldi ditugaskan pada tahun 1985. Dia memiliki sejarah layanan panjang, termasuk operasi udara tempur di Kosovo, Afghanistan, dan Libya.

Pesawat tempur Harrier dari Garibaldi melakukan 30 serangan terhadap Balkan pada tahun 1999. Pesawat dari Garibaldi melakukan 288 misi pada tahun pertama Perang di Afghanistan.

Selama misi NATO Libya, pesawat dari Garibaldi menjatuhkan 160 bom terpandu selama 1.221 jam terbang.

18. USS Carl Vinson
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/US Navy
Kapal induk AS ini jadi kapal yang meluncurkan serangan udara pertama dari jet tempur yang diangkut dalam Operation Enduring Freedom

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1982

Yang dibawa: 90 pesawat

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang.

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap

Sejarah: USS Carl Vinson dinamai sesuai nama anggota Kongres dari Georgia yang bertugas di parlemen selama Perang Dunia Kedua, dan kemudian mengawasi transisi dari Departemen Perang dan Angkatan Laut menjadi Departemen Pertahanan.

Operator memiliki sejumlah nama panggilan seperti Starship Vinson, The Battlestar, The Gold Eagle, dan America's Favorite Carrier.

Kapal ini dilaporkan menjadi kapal pembawa jasad Osama bin Laden yang “dikubur” di laut. Kapal ini juga merupakan penyelenggara pertandingan basket UNC vs Michigan State University NCAA pada tahun 2011.

Pada tahun 2014, Carl Vinson dikerahkan ke Teluk Persia untuk membantu memerangi ISIS. Selama penyebarannya, pesawat terbang dari Carl Vinson melakukan 12.300 serangan dan menjatuhkan lebih dari setengah juta pound (230 ton) persenjataan pada posisi ISIS.

19. USS Dwight D. Eisenhower
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/US Navy
Kapal induk AS ini bertugas selama Krisis Penyanderaan Iran.

Panjang: 1.092 kaki.

Ditugaskan: 1977.

Yang Dibawa: 90 pesawat.

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang.

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap.

Sejarah: "Mighty Ike" atau USS Dwight D. Eisenhower, bertugas selama Operation Eagle Claw selama Krisis Penyanderaan Iran. Kapal ini melewati Terusan Suez ke Laut Merah saat Badai Gurun melanda.

Pesawat dari kapal Eisenhower pertama kali menjatuhkan persenjataan selama Operation Southern Watch, misi untuk mengamankan wilayah udara Irak pada tahun-tahun sebelum invasi 2003.

Eisenhower juga menyumbangkan pesawatnya untuk melawan ISIS. Pesawat terbangnya menjatuhkan hampir 1.100 bom pada sejumlah target ISIS di Irak dan Suriah.

Pelabuhan rumah Eisenhower adalah Naval Station Norfolk di Virginia.

20. USS Nimitz
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/Aiyana S. Paschal/US Navy
USS Nimitz adalah kapal induk pertama AS dari supercarrier-class.

Panjang: 1.092 kaki.

Tahun Ditugaskan: 1975

Yang Dibawa: 90 pesawat

Kru: 3.200 pelaut, 2.480 penerbang

Sistem Propulsi: Dua reaktor nuklir Westinghouse A4W, empat turbin uap

Sejarah: Nimitz, yang dijuluki "Garam Tua", adalah yang pertama di kelas supercarriers dan memiliki sejarah panjang dalam layanan Angkatan Laut. Dinamai Chester Nimitz, pria yang memimpin Angkatan Laut sepanjang Perang Dunia Kedua, Nimitz pertama kali dikirim ke Samudra Hindia selama Krisis Penyanderaan Iran.

Kapal ini memberikan layanan keamanan di Olimpiade Seoul pada tahun 1988, dan berada di Teluk Persia setelah Badai Gurun. USS Nimitz melakukan tur dunia antara tahun 1997 dan 1998, dan ditempatkan di Teluk Persia pada tahun 2003.

Pada bulan Juni 2017, USS Nimitz dikerahkan ke Timur Tengah dan terlibat Pertempuran Tal Afar. Kapal induk ini juga terlibat dalam latihan perang di Semenanjung Korea dengan dua kapal induk AS lainnya, dan sejumlah kapal Angkatan Laut Korea Selatan.

Pelabuhan rumah Nimitz adalah Naval Station Everett di Everett, Washington.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3397 seconds (0.1#10.140)