Kapal Tanker India Hilang di Lepas Pantai Afrika Barat

Senin, 05 Februari 2018 - 06:14 WIB
Kapal Tanker India Hilang di Lepas Pantai Afrika Barat
Kapal Tanker India Hilang di Lepas Pantai Afrika Barat
A A A
ABUJA - Sebuah kapal tanker dengan 22 kru asal India dilaporkan hilang di lepas pantai Afrika Barat. Kapal tersebut membawa lebih dari 13 ribu ton minyak senilai USD 8,1 juta dolar.

Seperti dikutip dari CNN, Senin (5/2/2018), pencarian kapal Marine Express telah memasuki hari keempat pada akhir pekan lalu. Menurut perusahaan pengelola kapal, Anglo Eastern, kapal tersebut hilang di Teluk Guinea.

Dikatakan bahwa pihak perusahaan kehilangan kontak dengan kapal tersebut pada hari Kamis lalu.

Dalam sebuah tweet, juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Raveesh Kumar, mengatakan bahwa pencarian kapal tersebut sedang dilakukan.

"Misi kami di Abuja (Nigeria) berhubungan dengan pihak berwenang di Benin dan Nigeria atas bantuan mereka dalam menemukan kapal dan terus memantau situasi," katanya.

Anglo-Eastern sendiri mengatakan bahwa mereka telah menghubungi pihak keluarga pelaut yang hilang.

Dalam sebuah laporan baru-baru ini, Biro Maritim Internasional, sebuah organisasi nirlaba yang mengabdikan diri untuk memerangi kejahatan di laut, mengatakan bahwa pembajakan maritim dan perampokan bersenjata menyentuh angka terendah dalam 22 tahun tahun terakhir, namun bahaya terus berlanjut di Teluk Guinea.

"Meskipun jumlah serangan tahun ini (2017) turun dibandingkan dengan tahun lalu, Teluk Guinea dan perairan sekitar Nigeria tetap menjadi ancaman bagi pelaut," kata Pottengal Mukundan, direktur biro tersebut.

Teluk Guinea memimpin dunia dalam jumlah dan tingkat kekerasan insiden pembajakan, menurut organisasi nirlaba itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3826 seconds (0.1#10.140)