RI-Jepang Rayakan 69 Tahun Hubungan Bilateral

Sabtu, 20 Januari 2018 - 03:20 WIB
RI-Jepang Rayakan 69 Tahun Hubungan Bilateral
RI-Jepang Rayakan 69 Tahun Hubungan Bilateral
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Jepang merayakan 69 tahun hubungan bilateral. Bertempat di pelataran museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Pusat, pada Jumat (19/1), perayaan 60 tahun hubungan kedua negara berlangsung cukup meriah.

Sempat tertunda kurang lebih lebih selama satu jam dikarenakan hujan, perayaan ini diawali dengan penampilan musisi tradisional Jepang dan Indonesia, yang mendapat respon cukup meriah dari warga yang hadir menonton.

Acara kemudian dilanjukan dengan sambutann yang disampaikan oleh Utusan Khusus Perdana Menteru Jepang, Toshihiro Nikai. Dalam sambutannya, Nikai mengaku merasa terhormat bisa mewakili Jepang untuk merayakan hubungan diplomatik kedua negara di Jakarta.

Dia lalu mengatakan bahwa berkembang atau tidaknya hubungan kedua negara bergantung pada anak-anak muda kedua negara. Dia berharap generasi muda dari Indonesia dan Jepang bisa terus bersinergi bersama membangun negeri.

“Saya berharap ke depannya generasi muda Indonesia dan Jepang bisa terus bergandeng tangan mensejahterakan masyarakat kedua negara. Sebagai contoh, pemerintah Indonesia dan Jepang saling membantu saat terjadi gempa di Sumatera dan tsunami di Jepang,” ucap Nikai.

Setelah sambutan, acara perayaan hubungan diplomatik kedua negara itu dilanjutkan dengan penampilan aktris sekaligus penyanyi asal Jepang, yakni Piko Taro. Piko Taro tampil membawakan lagu andalanya yang mendunia yakni "Pen Pineapple Aplle Pen".

Selain Piko Taro, tampil pula idol grup asal Indonesia, yang merupakan "cabang" idol grup Jepang, yakni JKT48.

Acara ini juga turut dihadiri oleh duta persahabatan Indonesia-Jepang, yakni Yuki Kato, Haruka JKT48, Tulus, dan Shohei Matsunaga. Selain itu, Rachmat Gobel, yang merupakan Utusan Khusus Presiden RI untuk Jepang dan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3691 seconds (0.1#10.140)