Langka, Kim Jong-un Ajak Korsel Berdialog

Senin, 01 Januari 2018 - 15:50 WIB
Langka, Kim Jong-un Ajak Korsel Berdialog
Langka, Kim Jong-un Ajak Korsel Berdialog
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un dalam pesan tahun barunya mengajak Korea Selatan (Korsel) untuk berdialog. Dia menuturkan, agar tercipta perdamaian di Semenanjung Korea diperlukan upaya bersama.

"Ketika menyangkut hubungan Utara-Selatan, kita harus menurunkan ketegangan militer di Semenanjung Korea untuk menciptakan lingkungan yang damai. Baik Utara maupun Selatan, harus melakukan upaya," kata Jong-un, seperti dilansir Reuters pada Senin (1/1).

"Alih-alih mendorong langkah Amerika Serikat (AS) yang mengancam keamanan dan ketenangan semenanjung Korea, Seoul seharusnya menanggapi tawaran dari Korut," sambungnya.

Dia kemudian mengatakan akan mempertimbangkan untuk mengirim delegasi Korut ke Olimpiade Musim Dingin yang akan diadakan di Pyeongchang, Korsel, pada bulan Februari mendatang.

"Partisipasi Korut dalam Olimpiade Musim Dingin akan menjadi kesempatan bagus untuk menunjukkan kebanggaan nasional dan kami berharap Olimpiade akan sukses. Pejabat dari dua Korea mungkin segera bertemu untuk mendiskusikan kemungkinan tersebut," ucapnya.

Lee Hee-beom, Presiden Komite Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik partisipasi dari Korut. "Panitia penyelenggara akan membahas hal-hal yang relevan dengan pemerintah Korsel serta Komite Olimpiade Internasional," katanya dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6265 seconds (0.1#10.140)