Gunung Agung Erupsi, Perhelatan BDF Diungsikan ke Dekat Ibukota

Kamis, 30 November 2017 - 23:08 WIB
Gunung Agung Erupsi, Perhelatan BDF Diungsikan ke Dekat Ibukota
Gunung Agung Erupsi, Perhelatan BDF Diungsikan ke Dekat Ibukota
A A A
JAKARTA - Perhelatan Bali Democracy Forum (BDF) X yang sejatinya akan digelar di kawasan Nusa Dua, Bali, harus dipindah ke sekitaran Jakarta akibat erupsi Gunung Agung. BDF dipindah perhelatannya ke Indonesia Convention Exhibiton (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Menurut Direktur Jenderal Informasi Publik Kementerian Luar Negeri Indonesia, Cecep Herawan, pemindahan ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan para peserta forum tersebut.

"Keputusan ini diambil demi kenyamanan para undangan dan peserta BDF X, karena kondisi Bali yang seperti sekarang tidak memungkinkan untuk digelarnya BDF di sana," kata Cecep pada Kamis (30/11).

"Pemerintah memutuskan ini karena keadaan Gunung Agung terus berkembang. Situasi Bali memang normal, apalagi Nusa Dua. Tetapi, situasi udara dan pertimbangannya adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai yang bisa sewaktu-waktu ditutup," sambungnya.

Dia kemudian menuturkan, meski lokasi perhelatan BDF X dipindah, segala persiapan untuk menggelar ajang tahunan ini tidak ada yang berubah. Selain itu, belum ada protes, atau keberatan dari para peserta forum mengenai pemindahan lokasi.

Mengenai kehadiran di BDF, dirinya mengatakan, sejauh ini sudah ada 29 delegasi yang memastikan hadir, dan enam organisasi internasional. "Setidaknya 16 Menteri Luar Negeri dan satu kepala negara dipastikan akan hadir," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5525 seconds (0.1#10.140)