Protes Kebijakan China, Biksu Tibet Bakar Diri

Kamis, 30 November 2017 - 13:19 WIB
Protes Kebijakan China, Biksu Tibet Bakar Diri
Protes Kebijakan China, Biksu Tibet Bakar Diri
A A A
BEIJING - Sebuah kelompok pemantau mengatakan seorang biksu Tibet telah membakar dirinya sendiri di China barat. Aksi bakar diri itu dilakukan dalam sebuah demonstrasi terkait peraturan yang diberlakukan China di wilayah tradisional Tibet.

Mengutip seorang teman yang tidak dikenal, kelompok pemantau yang berbasis di London Free Tibet mengatakan Tenga yang berusia 63 tahun membakar dirinya sambil meneriakkan "Kami menginginkan kebebasan di Tibet." Peristiwa itu terjadi pada Minggu kemarin di daerah Kardea, Provinsi Sichuan, seperti dikutip dari Washington Post, Kamis (30/11/2017).

Dikatakan aparat keamanan berhasil memadamkan api dan membawa Tenga pergi. Tidak jelas apakah dia selamat atau tewas. Hampir 150 orang Tibet telah mengorbankan diri mereka sendiri sejak 2009, termasuk para biksu dan orang awam, sebagai protes terhadap kebijakan China.

Pengorbanan diri adalah yang pertama di antara komunitas Budha Tibet di wilayah ini sejak bulan April.

Pejabat biro polisi, pemerintah dan agama di wilayah tersebut mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui situasinya atau tidak menjawab telepon mereka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3975 seconds (0.1#10.140)