Cacing Parasit Ditemukan di Tubuh Pembelot Korut

Jum'at, 17 November 2017 - 21:47 WIB
Cacing Parasit Ditemukan di Tubuh Pembelot Korut
Cacing Parasit Ditemukan di Tubuh Pembelot Korut
A A A
SEOUL - Dokter yang merawat seorang tentara Korea Utara (Korut) yang membelot mengaku terkejut melihat kondisi pembelot Korut tersebut. Tentara Korut itu dievakuasi oleh militer Korea Selatan (Korsel) di dekat zona demiliterisasi (DMZ).

Lee Cook-jong, yang merupakan ahli bedah terkemuka di Korsel menyatakan, ia menemukan lusinan cacing parasit, di mana salah satunya sepanjang 27 cm di perut tentara Korut tersebut. Lee menuturkan, sepanjang dia menjadi dokter dan ahli bedah, dia tidak pernah menemukan hal semacam ini.

"Dalam karir saya selama 20 tahun sebagai ahli bedah, saya hanya melihat hal seperti ini dalam buku teks," kata Lee dalam sebuah konferensi pers di Seoul, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (17/11).

Dia lalu menyebut parasit, bersama dengan biji jagung di perutnya, dapat mengkonfirmasi apa yang banyak ahli dan pembelot sebelumnya telah jelaskan tentang situasi makanan, dan kebersihan bagi banyak orang Korut.

Sementara itu, menurut Choi Min Ho, seorang pengamat dari Seoul National University College of Medicine, apa yang ditemukan di dalam tubuh tentara Korut tersebut tidak terlalu mengejutkan. Meski demikian, penemuan ini dianggap penting karena semakin menjelaskan kondisi sebenarnya di Korut.

"Meskipun kami tidak memiliki angka solid yang menunjukkan kondisi kesehatan Korut, para ahli medis berasumsi bahwa masalah infeksi parasit dan masalah kesehatan yang serius telah terjadi di negara ini. Kondisi tentara itu tidak mengejutkan sama sekali mengingat masalah kebersihan dan parasit di Korut," ucap Choi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4534 seconds (0.1#10.140)