Kanada Dukung Upaya ASEAN Berangus Terorisme

Jum'at, 17 November 2017 - 18:38 WIB
Kanada Dukung Upaya ASEAN Berangus Terorisme
Kanada Dukung Upaya ASEAN Berangus Terorisme
A A A
JAKARTA - Kanada menyatakan dukungan penuh mereka kepada ASEAN dalam upaya memberantas terorisme. Kanada adalah salah satu negara yang merasakan pahitnya dampak terorisme, saat warga mereka diekesekusi oleh kelompok bersenjata di Filipina.

Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Marie Louisse Hannan menuturkan, jika dibutuhkan, Kanada akan dengan senang hati memberikan bantuan kepada ASEAN dalam upaya memberangus terorisme.

"Kami sangat mendukung dan juga membantu jika dibutuhkan. Tidak hanya warga kami yang disandera, namun ada beberapa warga negara lainnya juga, termasuk Indonesia. Saat ini Kanada juga memilik sejumlah proyek yang dilakukan di level kecil untuk memerangi terorisme," ungkapnya pada Jumat (17/11).

Sementara itu, mengenai warga Kanada yang telah menjadi korban kelompok bersenjata di Filipina, Hannan menyebut pihaknya sangat terpukul dan sedih akan hal ini. "Kami sangat sedih atas pemenggalan warga negara kami dan saya tidak tahu ada berapa, yang pasti masih ada warga negara kami yang disandera," ucap Hannan.

Seorang warga Kanada bernama John Ridsdel dikesekusi oleh kelompok Abu Sayyaf dengan cara dipenggal pada 25 April 2016. Ridsdel dikekseskui setelah pemerintah Kanada menolak memberikan uang tebusan.

Terkait pembayaran yang tebusan, Hannan menegaskan Kanada adalah negara yang sangat menolak membayar tebusan kepada kelompok bersenjata. Menurutnya, memberikan tebusan sama saja dengan membantu perkembangan kelompok bersenjata tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4783 seconds (0.1#10.140)