Gara-gara Kabut Tebal, Trump Batal Kunjungi Zona Demiliterisasi

Rabu, 08 November 2017 - 12:27 WIB
Gara-gara Kabut Tebal, Trump Batal Kunjungi Zona Demiliterisasi
Gara-gara Kabut Tebal, Trump Batal Kunjungi Zona Demiliterisasi
A A A
WASHINGTON - Rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengunjungi zona demiliterisasi atau DMZ yang memisahkan antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) dilaporkan batal terlaksana. Rencana ini batal disebabkan oleh kabut tebal yang menyelimuti wilayah tersebut.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders menyatakan, Trump sudah dua kali mencoba untuk melakukan kunjungan ke DMZ. Namun, sayangnya kabul tebal membuat rencana Trump untuk mengunjungi perbatasan Korut dan Korsel itu gagal.

"Presiden Donald Trump membatalkan sebuah kunjungan mendadak ke DMZ karena cuaca buruk. Trump didampingi oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam rencana kunjunganya ke DMZ," kata Sarah.

"Presiden Trump membuat dua usaha untuk mencapai DMZ, namun terpaksa membatalkan perjalanan karena kabut tebal," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (8/11).

Sementara itu, pihak Korsel menyatakan, ide untuk melakukan kunjungan ke DMZ bukanlah datang dari Trump, melainkan dari Moon Jae-in. Seorang sumber di Blue House - Istana Presiden Korsel - menuturkan, Moon Jae-in menyarankan kunjungan itu, dan Trump setuju.

"Trump telah memberitahu Moon bahwa dia telah mempertimbangkan perjalanan seperti itu, dan Moon mengatakan bahwa dia akan menemani Trump jika memang pemimpin AS itu memutuskan ingin berkunjung ke DMZ," kata pejabat itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5348 seconds (0.1#10.140)