ISIS Klaim Aksi Teror New York

Jum'at, 03 November 2017 - 12:53 WIB
ISIS Klaim Aksi Teror New York
ISIS Klaim Aksi Teror New York
A A A
KAIRO - Kelompok ekstrimis ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan teroris di New York. Serangan tersebut menewaskan delapan orang dan melukai belasan orang lainnya.

Klaim tersebut dimuat dalam publikasi di dunia maya. Dalam surat kabar mingguannya, ISIS mengklaim bahwa pelaku adalah satu dari "tentara" mereka, seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (3/11/2017).

Namun, surat kabar tersebut gagal memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut.

Sebelumnya, beberapa laporan mengungkapkan bahwa penyerang meninggalkan sebuah catatan di truk yang digunakannya untuk melakukan serangan. Pelaku mengaku telah berjanji setia kepada ISIS dan serangan tersebut dilakukan untuk kelompok ekstrimis tersebut.

Setelah mengamankan sebuah surat perintah untuk memeriksa catatan teleponnya, para penyelidik menemukan bahwa tersangka telah menonton video anggota ISIS menembaki narapidana, menabrak orang dan memancung orang.

Warga Uzbekistan Sayfullo Saipov (29) didakwa dengan memberikan dukungan material dan sumber daya untuk Daesh, dan yang kedua kehancuran yang diakibatkannya mengakibatkan kematian delapan orang di jalur sepeda Manhattan.

Serangan di Manhattan adalah aksi teror paling mematikan di New York sejak serangan 9/11 2001, yang menewaskan sekitar 3.000 orang. Presiden AS Donald Trump mendukung hukuman mati bagi pelaku penyerangan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3076 seconds (0.1#10.140)