Dua Pembom Nuklir Rusia Dekati Kapal Induk AS di Dekat Korut

Kamis, 02 November 2017 - 01:19 WIB
Dua Pembom Nuklir Rusia Dekati Kapal Induk AS di Dekat Korut
Dua Pembom Nuklir Rusia Dekati Kapal Induk AS di Dekat Korut
A A A
WASHINGTON - Dua pesawat pembom nuklir Rusia, Tu-95, diketahui terbang mendekati kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Ronald Reagan di kawasan Laut Jepang, dekat Korea Utara (Korut).

Manuver dua pesawat Tu-95 itu terjadi hari Minggu, namun baru diungkap pejabat pertahanan AS, kemarin (1/11/2017).

Aksi dua pesawat Tu-95 Rusia itu dihalangi dua jet tempur F/A-18 AS yang melakukan intersepsi. Kedua pesawat pembom Moskow kemudian dikawal untuk menjauh dari kapal induk USS Ronald Reagan.

Menurut seorang pejabat pertahanan AS yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dikutip CNN, mengatakan dua pesawat pembom Tu-95 Moskow sudah mendekati kapal induk AS dalam jarak sekitar 80 mil.

“Intersepsi terhadap pembom Rusia dianggap aman dan profesional,” kata pejabat tersebut.

Baca Juga: Tak Cuma AS, Rusia Juga Terbangkan Pembom ke Langit Pasifik

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa pesawat jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Jepang telah mengawal dua pembom strategis mereka saat melakukan penerbangan di atas Laut Jepang dan Pasifik.

“Dua pembom strategis Tupolev-95MS Angkatan Udara Rusia telah melakukan penerbangan rutin melintasi perairan internasional Laut Jepang dan bagian barat Samudera Pasifik,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

”Pada bagian tertentu dari rute, awak Tupolev-95MS didampingi sepasang pesawat jet tempur F-18 (Angkatan Udara AS), dan sepasang pesawat tempur F-15, F-4 dan F-2A (dari Angkatan Udara Jepang,” lanjut kementerian itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5692 seconds (0.1#10.140)