Human Rights Watch Minta Gubernur Anies Cela Penggerebekan Gay

Kamis, 26 Oktober 2017 - 09:20 WIB
Human Rights Watch Minta Gubernur Anies Cela Penggerebekan Gay
Human Rights Watch Minta Gubernur Anies Cela Penggerebekan Gay
A A A
JAKARTA - Kelompok Human Rights Watch (HRW) mengatakan, gubernur baru DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, harus bertindak untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia di Ibu Kota Indonesia ini. HRW minta Anies mencela penggerebekan komunitas gay di Jakarta oleh polisi.

Permintaan kelompok HAM yang berbasis di New York City, Amerika Serikat (AS) ini disampaikan melalui surat yang ditujukan kepada Gubernur Anies. Menurut HRW, gubernur baru tersebut harus membuat komitmen khusus untuk membela hak-hak komunitas ekonomi, seksual, dan keagamaan yang rentan di Jakarta.

”Gubernur Baswedan memiliki kesempatan unik untuk membangun jembatan antara masyarakat Jakarta yang beragam dan memastikan bahwa Jakarta menghormati kewajiban hukum internasional,” kata Brad Adams, Direktur HRW untuk Asia.

”Dia bisa memulai dengan mencela penggerebekan polisi terhadap komunitas gay di Jakarta,” lanjut Adams, yang dikutip dari laman resmi HRW , Kamis (26/10/2017).

Kelompok HAM ini menilai tindakan polisi Jakarta diskriminatif dan kasar, sehingga Anies harus bergerak cepat dan tegas untuk mengekangnya.

HRW selama ini gencar mengecam tindakan polisi Indonesia dalam merazia komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Masih menurut HRW, Gubernur Anies harus menggunakan kekuasaannya untuk melindungi dan membela hak asasi manusia semua orang di Jakarta.

Sang gubernur baru itu juga diminta membela hak-hak minoritas keagamaan di Jakarta, termasuk komunitas Syiah, Ahmadiyah, dan Kristen. Anies bahkan diminta membuktikan janji-janji kampanyenya, termasuk tidak menggusur paksa warga kota.

Kendati demikian, HRW mengungkapkan keprihatinan yang mendalam tentang penggunaan istilah ”pribumi” oleh Gubernur Anies dalam pidato pelantikannya beberapa waktu lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5441 seconds (0.1#10.140)