108 Orang Terciduk Operasi Anti Pedofilia di Brazil

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:09 WIB
108 Orang Terciduk Operasi Anti Pedofilia di Brazil
108 Orang Terciduk Operasi Anti Pedofilia di Brazil
A A A
BRASILIA - Polisi Brazil mengatakan bahwa mereka telah menahan 108 orang dalam operasi anti pedofil. Tersangka ditangkap di 24 negara bagian dan Ibu Kota Brasilia, menjadikannya sebagai operasi terbesar melawan pedofil yang pernah dilakukan di Amerika Latin.

Menteri Kehakiman Torquato Jardim mengatakan bahwa mereka yang ditahan adalah bagian dari sebuah jaringan berbagi gambar pornografi anak melalui komputer dan telepon genggam.

Operasi tersebut dilakukan pada akhir penyelidikan selama enam bulan, yang melibatkan pejabat imigrasi Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Penyelidik telah menemukan lebih dari 150.000 file yang berisi gambar yang mengganggu. Mereka diakses melalui darkweb, bagian dari internet yang tidak terjangkau oleh kebanyakan search engine.

Di antara mereka yang ditangkap terdapat pensiunan polisi, pegawai negeri dan orang-orang yang bertanggung jawab atas klub sepak bola remaja.

Jardim mengatakan para pedofil menggunakan teknik canggih untuk menghindari penyelidikan polisi.

"Mereka menyimpan foto kriminal ilegal mereka di komputer seseorang di bagian negara lain atau bahkan di luar negeri," katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/10/2017).

"Dan seringkali orang yang menyimpan isinya tidak sadar," tambah Jardim.

Operasi tersebut pada awalnya menargetkan tersangka untuk berbagi materi pedofil ilegal.

Tapi setelah menyita puluhan komputer, telepon genggam, CD dan hard drive, penyidik
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5644 seconds (0.1#10.140)