USS Coronado, Raja Perairan Dangkal

Jum'at, 15 September 2017 - 15:44 WIB
USS Coronado, Raja Perairan Dangkal
USS Coronado, Raja Perairan Dangkal
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. AS memiliki puluhan jet tempur, kapal selam, dan puluhan kapal perang.
Salah satu kapal perang terbaru AS, yakni USS Coronado saat ini tengah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dan Sindonews berkesempatan untuk dapat melihat lebih dekat kapal perang tersebut.USS Corondo adalah kapal perang untuk medan di pesisir laut, atau Littoral Combat Ship (LCS). Kapal ini dikembangkan oleh Angkatan Laut AS untuk beroperasi di perairan yang dekat dengann daratan.
Kapal ini masuk dalam kelas independence, yang merupakan kapal perang jenis korvet yang menawarkan ketangkasan, kecepatan, serta dimensi yang kompak. Kapal yang memiliki 75 awak ini pertama kali melaut pada tahun 2012 lalu, dan mulai masuk dalam jajaran armada kapal perang AS pada tahun 2014.
Menurut keterangan Komandan kapal, Letkol Laut Douglas K. Meagher kapal perang ini memiliki lima tingkat, di luar dari ruang mesin. Tingkat paling atas adalah ruang kontrol kapal, sedangkan tingkat kedua hingga kelima adalah kamar tidur awak kapal, dapur, dan ruang makan.
Meagher menyatakan kapal ini dilengkapi dengan sebuah ruangan yang disebut dengan mission bay, yang mirip dengan pangkalan kecil. Mission adalah tempat suku cadang, ruang tidur tambahan awak kapal, dan dua buah kapal cepat ditempatkan.
Kapal perang ini, lanjut Meagher juga dilengkapi dengan tiga buah helikopter. Dua buah diantaranya adalah helikopter MQ-8 "Fire Scout" yang merupakan helikopter nir-awak yang dipakai untuk misi pemantauan, dan juga penandaan lokasi musuh. Sedangkan satu helikopter lainnya adalah helikopter "Night Hawk", yang tidak lain adalah helikopter tempur andalan AS untuk di wilayah peraian.
Mengenai persenjataan, kapal ini dilengkapi dengan empat buah peluncur rudal permukaan ke permukaan. Selain itu, kapal perang ini juga dilengkapi dengan satu senapan serbu Mk 110. "Senapan ini bisa menembakan 270 peluru per putaran, dan ini adalah yang tercepat," ucap Meagher pada Kamis (14/9).
Dari segi desain, kapal perang ini bisa terbilang unik, di mana kapal ini memiliki bagian dengan dengan bentuk berlian. Bentuk uniknya ini membuat kapal perang tersebut memiliki kemampaun siluman.
Bukan hanya dari segi desain, kapal ini juga memiliki mesin yang berbeda. Bila kebanyakan kapal menggunakan baling-baling untuk bergerak, USS Coronado menggunakan sistem jet, layaknya jetski. Sistem pendorong tersebut, ditambah dengan material kapal yang terbuat dari alumunium membuat USS Coronado dapat bergerak lebih cepat, dan leluasa di peraian dangkal. Maka tidak salah bila dikatakan untuk saat ini USS Coronado disebut sebagai raja perairan dangkal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5259 seconds (0.1#10.140)