Gempa Dahsyat Meksiko Picu Peringatan Tsunami

Jum'at, 08 September 2017 - 15:36 WIB
Gempa Dahsyat Meksiko Picu Peringatan Tsunami
Gempa Dahsyat Meksiko Picu Peringatan Tsunami
A A A
MEXICO CITY - Gempa berkekuatan 8 skala Richter yang mengguncang Meksiko selatan memicu peringatan dini tsunami. Garis pantai Pasifik Guatemala, Honduras, Meksiko, El Salvador dan Kosta Rika akan menghadapi gelombang tsunami yang mengikuti getaran gempa.

Gelombang tsunami telah terdeteksi di lepas pantai selatan Meksiko setelah gempa berskala 8,1 melanda sesaat sebelum tengah malam waktu setempat. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa gelombang setinggi 1 meter terjadi dari pelabuhan Salina Cruz seperti dikutip Sky News, Jumat (8/9/2017).

Gempa tersebut terjadi di kedalaman 69 km, 123 km barat daya kota Pijijiapan.

"Gempa ini menimbulkan ancaman tsunami potensial ke garis pantai Pasifik di negara-negara termasuk Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama dan Honduras," kata Sistem Peringatan Daring Amerika Serikat (AS).

Gempa tersebut telah menewaskan setidaknya lima orang, termasuk dua anak di negara bagian Tabasco, salah satunya bayi di rumah sakit anak-anak yang aliran listriknya terputus. Tiga orang lainnya tewas di negara bagian Chiapas, dua diantaranya wanita di San Cristobal saat sebuah rumah dan sebuah dinding roboh.

Gempa juga membuat sejumlah bangunan di Guatemala terguncang akibat getaran. Ini adalah gempa terkuat yang melanda Meksiko sejak gempa dahsyat pada tahun 1985 yang menghancurkan bangunan dan membunuh ribuan orang, kata badan perlindungan sipil negara tersebut.

Badan pemantau aktifivas gempa, Survei Geologi AS mengatakan enam gempa susulan berkisar antara 4,5 dan 5,7 skala Richter.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5360 seconds (0.1#10.140)