Jepang: Bom Hidrogen Korut Lebih Merusak dari Bom Atom Hiroshima

Selasa, 05 September 2017 - 15:15 WIB
Jepang: Bom Hidrogen Korut Lebih Merusak dari Bom Atom Hiroshima
Jepang: Bom Hidrogen Korut Lebih Merusak dari Bom Atom Hiroshima
A A A
TOKYO - Jepang menyatakan bahwa bom hidrogen yang baru-baru ini diuji oleh Korea Utara (Korut) mungkin lebih merusak daripada yang diperkirakan. Bom tersebut melebihi kekuatan bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera mengatakan, Comprehensive Nuclear Test Ban Treaty Organization (CTBTO) kemungkinan akan mengubah perkiraannya mengenai kekuatan senjata nuklir yang diuji pada Minggu kemarin oleh Korut. Pasalnya, bom tersebut mungkin lebih destruktif dari perkiraan semula.

Pada hari Minggu, Korut mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menguji sebuah bom hidrogen yang dapat dimasukkan ke dalam rudal balistik antarbenua.

"Sekarang ada kemungkinan bahwa organisasi (CTBTO) akan mengubah peringkat dari 5,9 menjadi 6,0. Ini berarti bahwa kekuatan peledak dan kekuatan muatan yang diuji lebih dari yang kita harapkan," kata Onodera.

"Tidak ada keraguan bahwa hal itu melebihi kekuatan dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki," sambung Onodera seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (5/9/2017).

Menurut perkiraan sebelumnya, CTBTO mengukur besarnya getaran dari ledakan mencapai 5,8. Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, bom tersebut menghasilkan daya ledak hingga 70 kiloton.

Mengomentari uji coba nuklir Korut, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa tindakan Pyongyang adalah tindakan bermusuhan dan berbahaya. Ia lantas menekankan bahwa pembicaraan tentang peredaan ketegangan tidak akan berjalan baik. Dia juga menegaskan kembali kesiapan AS untuk melindungi wilayah dan sekutunya dengan menggunakan berbagai kemampuan diplomatik, konvensional, dan nuklir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5953 seconds (0.1#10.140)