Media Korsel: Korut Pindahkan Rudal Balistiknya ke Pantai Barat

Selasa, 05 September 2017 - 11:00 WIB
Media Korsel: Korut Pindahkan Rudal Balistiknya ke Pantai Barat
Media Korsel: Korut Pindahkan Rudal Balistiknya ke Pantai Barat
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) dilaporkan tengah memindahkan rudal balistik antar benuanya menuju pantai barat. Begitu laporan media Korea Selatan (Korsel), Asia Business Daily, mengutip sumber intelijen.

Sumber intelijen Korsel mengatakan bahwa rudal tersebut terlihat bergerak pada hari Senin, sehari setelah uji coba nuklir keenam Korut. "Langkah tersebut dilakukan pada malam hari untuk menghindari pengawasan," menurut laporan tersebut seperti disadur dari Sky News, Selasa (5/9/2017).

Untuk diketahui, fasilitas peluncuran rudal Korut berada di pantai barat negara itu.

Kementerian pertahanan Korea Selatan (Korsel) mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat mengkonfirmasi laporan tersebut. Namun pada hari Senin kemarin mengatakan bahwa Korut telah siap untuk meluncurkan lebih banyak rudal.

Baca Juga: Korsel Duga Korut Siapkan Peluncuran Rudal Balistik Antar Benua

Korut telah memicu mengkhawatirkan wilayah tersebut dengan melakukan uji coba nuklir paling kuat hingga hari ini. Pyongyang mengklaim bahwa itu adalah bom hidrogen yang dapat dipasang pada rudal jarak jauh.

Baca Juga: Bom Hidrogen Korut Lebih Kuat dan Dahsyat

Perangkat yang diuji coba pada akhir pekan lalu diperkirakan sekitar lima kali lebih besar dari bom yang dijatuhkan di kota Nagasaki di Jepang pada Perang Dunia II. Uji coba ini bahkan menyebabkan gempa dengan kekuatan 6,3.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)