AS: Kami Tidak Memiliki Rencana untuk Musnahkan Korut

Senin, 04 September 2017 - 17:33 WIB
AS: Kami Tidak Memiliki...
AS: Kami Tidak Memiliki Rencana untuk Musnahkan Korut
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) James Mattis menyatakan, pihaknya tidak memiliki rencana untuk memusnahkan Korea Utara (Korut). Namun, dia menyebut AS akan merespon dengan sangat keras setiap ancaman yang datang.

Pernyataan Mattis ini datang setelah adanya uji coba nuklir terbaru yang dilakukan oleh Korut. Uji coba yang dilakukan kemarin tersebut menyebabkan guncangan selayaknya gempa bumi yang turut dideteksi di sejumlah negara.

"Kami tidak memiliki niat untuk melakukan pemusnahan total sebuah negara yaitu, Korut. Tapi seperti yang saya katakan, kami memiliki banyak pilihan untuk melakukannya," ucap Mattis, seperti dilansir Russia Today pada Senin (4/9).

"Kami mengadakan pertemuan keamanan nasional kelompok kecil hari ini dengan Presiden dan Wakil Presiden. Kami memiliki banyak pilihan militer dan presiden ingin diberi pengarahan mengenai masing-masing dari mereka," sambungnya.

Mattis kemudian mendesak Pyongyang untuk menghormati resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang telah memberlakukan sanksi terhadap negara tersebut untuk uji coba nuklir dan rudal, yang terakhir disahkan bulan lalu.

"Kim Jong-un harus mengindahkan suara bersatu DK PBB. Semua anggota dengan suara bulat menyetujui ancaman yang diajukan oleh Korut, dan mereka tetap sepakat dalam komitmen mereka untuk denuklirisasi Semenanjung Korea," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1299 seconds (0.1#10.140)