Rusia Gelar Latihan Militer, AS Kirim Pesawat Tempur

Rabu, 30 Agustus 2017 - 23:42 WIB
Rusia Gelar Latihan Militer, AS Kirim Pesawat Tempur
Rusia Gelar Latihan Militer, AS Kirim Pesawat Tempur
A A A
VILNIUS - Amerika Serikat (AS) telah mengirim pesawat tempur tambahan untuk memperkuat pengawasan langit anggota NATO, Lithuania, Latvia dan Estonia. Hal ini dilakukan seiring latihan militer besar-besaran yang dilakukan Rusia di wilayah Baltik pada bulan depan.

Tujuh jet fighter jenis F-15C AS mendarat di lapangan terbang Siauliai, Lithuania, pada minggu ini. Mereka akan berpatroli di negara-negara Baltik. Jumlah ini tiga kali lebih banyak daripada yang biasa digunakan sejak misi pengawasan NATO ditingkatkan pasca krisis Crimea pada 2014 lalu.

Tiga negara Baltik tidak mengoperasikan pesawat tempur mereka sendiri dan bergantung pada sekutu NATO mereka untuk patroli.

"Kami memperkuat misi polisi udara selama periode Zapad. Dan kami juga senang memiliki tambahan pasukan darat di sini," kata Wakil Menteri Pertahanan Lithuania Vytautas Umbrasas, merujuk pada 600 tentara udara AS yang ditempatkan di negara-negara Baltik selama latihan militer Zapad.

"Ini sangat membantu dalam situasi seperti ini," katanya seperti dilansir dari Reuters, Rabu (30/8/2017).

Komandan tertinggi Angkatan Udara AS di Eropa, Tod Wolters mengatakan, jumlah pesawat tempur telah meningkat karena "kesempatan pelatihan" di Lithuania, tanpa menyebutkan Rusia selama konferensi pers di Siauliai.

"Misi polisi udara akan tetap seperti dulu. Dan tujuan misi polisi udara adalah melindungi langit berdaulat dari tiga negara Baltik," kata Wolters.

Rusia akan melakukan latihan Zapad 17 pada 14-20 September mendatang di Belarus, Rusia barat dan eksklusi Rusia di Kaliningrad.

Moskow mengatakan hampir 13.000 tentara Rusia dan Belarusia akan ambil bagian pada latihan perang Zapad 17. Selain itu sekitar 70 pesawat dan helikopter serta 700 buah perangkat keras militer termasuk tank, artileri dan sistem roket juga turut serta dalam latihan itu.

Baca Juga: Bersitegang dengan Barat, Rusia Gelar Latihan Militer Besar-besaran

Sementara di waktu bersamaan, AS juga melakukan tiga latihan di Swedia, Polandia dan Ukraina, dan sebuah brigade lapis baja AS telah ditempatkan di Eropa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6020 seconds (0.1#10.140)