Bahas Timur Tengah, Netanyahu Temui Putin

Minggu, 20 Agustus 2017 - 05:14 WIB
Bahas Timur Tengah, Netanyahu Temui Putin
Bahas Timur Tengah, Netanyahu Temui Putin
A A A
JERUSALEM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan membahas masalah Timur Tengah dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat mereka bertemu di resor Sochi Rusia pekan depan. Demikian pernyataan yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri Israel.

Israel khawatir Iran sedang mencoba membangun pangkalan militer permanen di Suriah. Netanyahu mengatakan dalam sebuah pidato pekan lalu bahwa Israel mengawasi perkembangan dan akan bertindak melawan ancaman apapun seperti dikutip dari Reuters, Minggu (20/8/2017).

Iran, musuh bebuyutan Israel, adalah pendukung setia Presiden Suriah Bashar al-Assad dan telah menyediakan pejuang milisi untuk membantunya.

Rusia, juga sekutu Assad, dianggap memegang keseimbangan kekuatan dalam mencapai kesepakatan mengenai masa depan Suriah.

Para pemimpin Israel menunjukan pengaruh Teheran yang terus meningkat di wilayah tersebut selama konflik Suriah yang berlangsung dalam enam tahun, baik melalui pasukan Garda Revolusi atau emiten Syiahnya sendiri, khususnya Hizbullah.

Netanyahu mengatakan bahwa Israel telah melakukan lusinan penyerangan untuk mencegah penyelundupan senjata ke kelompok Lebanon yang didukung Iran, Hizbullah, melalui Suriah.

Dua tahun lalu, Israel dan Rusia sepakat untuk mengkoordinasikan tindakan militer di Suriah agar tidak terjadi saling serang yang tidak disengaja.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6672 seconds (0.1#10.140)