Kelompok Oposisi Bersenjata Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah

Rabu, 16 Agustus 2017 - 17:41 WIB
Kelompok Oposisi Bersenjata Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah
Kelompok Oposisi Bersenjata Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah
A A A
DAMASKUS - Kelompok oposisi bersenjata Suriah mengatakan, mereka telah menembak jatuh sebuah jet militer Suriah. Kelompok tersebut juga mengaku menangkap pilot jet tersebut di daerah gurun di Suriah selatan, dekat perbatasan dengan Yordania.
Saad al-Haj, juru bicara pemimpin kelompok pemberontak Osoud al Sharqiya, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (16/8), mengatakan, kelompoknya telah menembak jatuh MiG menggunakan senjata anti-pesawat di pedesaan timur provinsi Sweida.
Haj, yang kelompoknya merupakan satu dari dua kelompok pemberontak utama yang beroperasi di wilayah tersebut, menuturkan, pilot pesawat tersebut ditangkap dan diinterogasi. Dia tidak bisa mengatakan apakah pilotnya telah terluka.
Provinsi Sweida sendiri tidak termasuk dalam gencatan senjata perantara yang diprakarsai Amerika Serikat dan Rusia, yang mulai berlaku di daerah-daerah terdekat di barat daya pada bulan Juli.
Ini bukan kali pertama kelompok oposisi Suriah mengklaim berhasil menembak jatuh jet tempur milik pemerintah Suriah, yang mayoritas adalah hibah dari Rusia.
Juni lalu, Osoud al Sharqiya mengatakan, sebuah jet tempur telah ditembak sekitar 50 km timur Damaskus, yang dikuasai oposisi. Dalam sebuah video yang muncul di media sosial tampak reruntuhan dari jet tempur tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6539 seconds (0.1#10.140)