624 Warga Sipil Tewas, Koalisi AS Bilang Tidak Sengaja

Jum'at, 04 Agustus 2017 - 22:36 WIB
624 Warga Sipil Tewas, Koalisi AS Bilang Tidak Sengaja
624 Warga Sipil Tewas, Koalisi AS Bilang Tidak Sengaja
A A A
WASHINGTON - Koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) merilis sebuah jumlah baru terhadap korban sipil dalam serangan udara di Irak dan Suriah. Koalisi AS mengklaim 624 warga sipil "tidak sengaja terbunuh" sejak dimulainya kampanye melawan ISIS pada tahun 2014.

"Sampai saat ini, berdasarkan informasi yang tersedia, CJTF-OIR (Operasi Tugas Gabungan - Operasi Inheren Resolve) menilai bahwa kemungkinan lebih besar daripada tidak, setidaknya 624 warga sipil telah dibunuh secara tidak sengaja oleh Koalisi sejak dimulainya operasi," kata Koalisi AS dalam sebuah pernyataan dikutip dari Russia Today, Jumat (4/8/2017).

Jumlah itu bertambah 23 orang dibandingkan dengan data yang dirilis pasukan koalisi pada bulan lalu yang mengakui 603 warga sipil menjadi korban serangan.

"Pada bulan Juni, koalisi menyelesaikan penilaian terhadap 132 laporan, yang 121 dinilai tidak dapat dipercaya, dan tujuh dinilai kredibel, mengakibatkan 21 kematian warga sipil yang tidak disengaja. Empat laporan dinilai sebagai duplikat dari laporan sebelumnya," bunyi pernyataan tersebut.

Pasukan internasional mengatakan bahwa mereka membawa lebih dari 180 laporan terbuka tentang kemungkinan korban sipil dari bulan-bulan sebelumnya. Mereka juga menerima 72 laporan baru yang dihasilkan oleh serangan udara Koalisi untuk mendukung operasi pasukan mitra guna mengalahkan ISIS di Irak dan Suriah.

"Selain itu, Koalisi memulai penilaian terhadap 404 laporan historis tentang kemungkinan korban sipil yang diterima dari Airwars.org," pernyataan tersebut menambahkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5772 seconds (0.1#10.140)