Sehari, Pangkalan Militer AS di Virginia Diancam 6 Bom

Kamis, 03 Agustus 2017 - 09:21 WIB
Sehari, Pangkalan Militer AS di Virginia Diancam 6 Bom
Sehari, Pangkalan Militer AS di Virginia Diancam 6 Bom
A A A
WASHINGTON - Dua pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Hampton Roads, Virginia, menerima enam ancaman bom dalam sehari pada hari Rabu. Semua ancaman telah “dibersihkan”, namun sumber ancaman masih dalam penyelidikan.

Setelah ancaman bom dinyatakan tidak kredibel, operasi di Naval Station Norfolk dan Joint Expeditionary Base Little Creek (JEBLC) dilanjutkan secara normal.

Ancaman serangan bom melalui telepon itu diterima pihak Detasemen Dukungan Personel di pangkalan militer. Tiga kapal Angkatan Laut AS yang berbasis di Naval Station Norfolk—USS Whidbey Island, USS Gunston Hall dan USS Oak Hill—menjadi target ancaman.

Petugas keamanan dan darurat merespons ancaman itu dengan menyisir setiap lokasi yang jadi target. Pihak Detasemen melakukan evakuasi sebagai tindakan pencegahan.

Di Naval Station Norfolk, sejumlah anjing militer juga dikerahkan untuk mensterilkan markas militer tersebut pada Rabu pagi. Menurut juru bicara pangkalan militer Kelly Wirfel, salah satu anjing militer memberi tahu sebuah kendaraan di dekat dermaga yang dicurigai.

Menurut Wirfel, seluruh area dermaga di pangkalan militer ditutup.

Pada Senin lalu, ancaman serupa juga menargetkan kapal USS Oak Hill. Petugas keamanan menghabiskan waktu berjam-jam mencari kemungkinan adanya penyelam di dekat dermaga Naval Station Norfolk. Namun, ancaman bom itu juga tidak terbukti.

Investigasi terhadap ancaman bom itu terus berlanjut. Pejabat Angkatan Laut belum memastikan apakah ancaman pada hari Senin dan Rabu berkaitan atau tidak.

”Kami menerima panggilan dan ancaman ini dengan serius. NCIS (Naval Criminal Investigative Service) sedang melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap sumber panggilan tersebut dan mereka yang diketahui telah melakukan ancaman palsu akan diadili semaksimal mungkin,” kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan,” seperti dikutip dari WAVY, Kamis (3/8/2017).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5276 seconds (0.1#10.140)
pixels