UAE: Qatar Memiliki Dua Pilihan

Jum'at, 14 Juli 2017 - 15:07 WIB
UAE: Qatar Memiliki Dua Pilihan
UAE: Qatar Memiliki Dua Pilihan
A A A
ABU DHABI - Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan bahwa Qatar harus melakukan upaya lebih untuk mendapatkan kembali kepercayaan yang hilang. Pasalnya, Qatar tidak mematuhi dua kesepakatan yang telah ditandatanganinya dengan negara-negara GCC (Dewan Kerja Sama Teluk).

Abdullah bin Zayed menjelaskan bahwa memerangi terorisme mengharuskan Qatar untuk mematuhi apa yang ditandatangani, baik dengan Washington dan dengan tetangganya di Teluk. Ia juga menyimpulkan dengan menekankan posisi negara-negara yang menyerukan perang melawan terorisme.

Dia mengatakan, Qatar memiliki dua pilihan yaitu berada di sisi koalisi melawan teror atau berada di sisi lain seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (14/7/2017).

Awal bulan lalu, empat negara yang dipimpin oleh Saudi bersama dengan negara-negara lain telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan memotong hubungan laut, darat dan darat ke negara Teluk yang kecil itu. Mereka menuduh Doha mendukung terorisme, mencampuri urusan dalam negeri mereka dan mempunyai hubungan dekat dengan Iran, saingan Saudi.

Qatar telah menolak tuduhan yang disebut sebagai tudingan yang tidak berdasar bahwa mereka mendukung terorisme dan mengganggu urusan dalam negeri negara lain.

Kuwait, sebagai mediator untuk memecahkan krisis, AS dan Inggris telah menyerukan sebuah penyelesaian yang cepat terhadap krisis antara Qatar dan tetangga Arabnya melalui dialog. Mereka mendesak semua pihak untuk mengatasi krisis ini dengan cepat, dan menemukan solusi melalui dialog sesegera mungkin.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5204 seconds (0.1#10.140)