Mesir: Tuntutan Pada Qatar Harga Mati, Tidak Dapat Dinegosiasikan

Kamis, 06 Juli 2017 - 11:32 WIB
Mesir: Tuntutan Pada Qatar Harga Mati, Tidak Dapat Dinegosiasikan
Mesir: Tuntutan Pada Qatar Harga Mati, Tidak Dapat Dinegosiasikan
A A A
KAIRO - Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry menyatakan tuntutan yang disampaikan Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain kepada Qatar adalah sesuatu yang tidak bisa dinegosiasikan. Shoukry menyebut Qatar hanya memiliki pilihan menerima atau menolaknya.
"Sedari awal hal ini memang bukan untuk dinegosiasikan. Tidak ada jalan tengah," kata Shoukry saat melakukan wawancara dengan televisi setempat, seperti dilansir Reuters pada Kamis (6/7).
Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Thani sediri telah mengatakan, tuntutan yang disampaikan oleh Arab Saudi, Mesir, UEA, dan Bahrain tidak realistis dan tidak dapat dipenuhi. Dia kemudian menyerukan adanya dialog antara negara yang saling bersitegang.
Dia menuturkan, Qatar memeriksa apakah tuntutan yang diajukan dalam ultimatum negara-negara Arab konsisten dengan hukum internasional, dan memutuskan bahwa tidak ada negara berdaulat yang dapat menyetujui persyaratan tersebut.
"Setiap tuntutan harus realistis dan dapat dicapai, namun tuntutan yang dibuat untuk kita tidak dapat dipenuhi. Mereka bukan tentang terorisme, ini berarti menghapuskan kebebasan media, melanggar kedaulatan dan campur tangan dalam urusan internal," kata Thani.
Menanggapi sikap Qatar ini, perwakilan Arab Saudi, Bahrain, UEA, dan Mesir dilaporkan telah melakukan pertemuan di Kairo. Empat negara tersebut bertemu untuk membahas langkah lanjutan kepada Qatar, setelah Doha kembali menolak tuntutan yang diajukan oleh empat negara tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6532 seconds (0.1#10.140)