Walikota London: Teror Mobil adalah Serangan Terhadap Toleransi

Senin, 19 Juni 2017 - 16:12 WIB
Walikota London: Teror Mobil adalah Serangan Terhadap Toleransi
Walikota London: Teror Mobil adalah Serangan Terhadap Toleransi
A A A
LONDON - Walikota London Sadiq Khan mengatakan serangan mobil di dekat Masjid Finsbury Park di Seven Sisters Road adalah serangan terhadap nilai-nilai bersama. Satu orang dilaporkan tewas dalam serangan itu.
"Seperti serangan mengerikan di Manchester, Westminster dan London Bridge, ini juga merupakan serangan terhadap semua nilai toleransi, kebebasan, dan rasa hormat bersama kami," kata Khan dalam sebuah pernyataan.
Khan, seperti dilansir Reuters pada Senin (19/6), kemudian mengatakan, pihaknya akan menambah kehadiran personel kepolisian di jalan untuk memberikan rasa aman kepada masyarkat, khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.
Sementara itu, Ketua Masjid Finsbury Park, Mohammed Kozbar mendesak polisi untuk segera menetapkan motif pengemudi atau pelaku dan mencari kemungkinan tersangka lain.
Kozbar mengatakan, van putih menabraki jemaah di luar Muslim Welfare House, yang di dalamnya terdapat Masjid Finsbury Park. Mengutip saksi mata, Kozbar mengatakan, setidaknya 10 orang terbaring di tanah usai serangan.
Pelaku yang meneriakkan ujaran kebencian terhadap Muslim kemudian keluar dari mobil dan menusuk satu orang dengan pisau. Serangan ini menewaskan satu orang dan beberapa orang lainnya dibawa ke rumah sakit akibat luka yang diderita.
Pihak Kepolisian Metropolitan London belum menyimpulkannya sebagai serangan teroris, meski telah mengerahkan aparat kontra-terorisme di lokasi serangan. Pihak kepolisian menyatakan ”terlalu dini” untuk mengatakan insiden tersebut terkait teror.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6094 seconds (0.1#10.140)