Putin Sebut AS Sengaja Pelihara Al-Qaeda dan Osama bin Laden

Selasa, 13 Juni 2017 - 13:52 WIB
Putin Sebut AS Sengaja Pelihara Al-Qaeda dan Osama bin Laden
Putin Sebut AS Sengaja Pelihara Al-Qaeda dan Osama bin Laden
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) harus disalahkan atas bangkitnya al-Qaeda dan mendiang Osama bin Laden yang diberdayakan untuk melawan pasukan Uni Soviet di Afghanistan. Hal itu diungkapkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Saat diwawancara oleh sutradara Oliver Stone dalam serial Showtime, pemimpin Rusia itu merefleksikan asal usul kelompok ekstremis Islam, termasuk al-Qaeda.

"Al-Qaeda bukan hasil kegiatan kami. Ini adalah hasil aktivitas teman kita AS," katanya membuka pembicaraan.

"Ini semua dimulai pada masa perang Soviet di Afghanistan, ketika dinas keamanan AS mendukung pergerakan fundamentalisme Islam yang berbeda dalam perjuangan mereka melawan pasukan Soviet di Afghanistan," tutur Putin kepada Stone, menambahkan bahwa" pihak AS telah memelihara al-Qaeda dan Osama bin Laden seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (13/6/2017).

Menurut Putin, Washington seharusnya bisa meramalkan bahwa dukungan kelompok Islam akan menjadi bumerang, dengan ekstremis akhirnya lepas kendali. "Itu selalu terjadi seperti ini. Mitra AS kami seharusnya menyadarinya. Itu salah mereka," tegas Putin.

Namun demikian, Moskow berdiri di sisi AS setelah serangan teroris 11 September yang diklaim oleh al-Qaeda. Dalam sebuah acara solidaritas dengan Washington, Moskow memutuskan untuk membatalkan latihan perang yang dijadwalkan setelah serangan tersebut, Putin mengungkapkan kepada Stone.

"Dalam situasi seperti ini, orang pertama kali membutuhkan dukungan moral dan politik. Kami ingin menunjukkan dukungan seperti itu," tukas pemimpin Rusia tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5405 seconds (0.1#10.140)