Militer AS: Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek

Senin, 29 Mei 2017 - 06:16 WIB
Militer AS: Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek
Militer AS: Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek
A A A
WASHINGTON - Komando Pasifik Amerika Serikat (AS) mengatakan Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal balistik jarak pendek. Rudal tersebut terlacak selama enam menit sebelum jatuh di Laut Jepang.

Seperti dikutip dari CBS News, Senin (29/5/2017), ini merupakan uji coba rudal kesembilan yang dilakukan Korut pada tahun ini. Awal bulan ini, Korut mengklaim telah meluncurkan rudal yang cukup besar untuk membawa sebuah hulu ledak nuklir yang besar dan berat.

Sebelumnya, militer Korsel mengatakan Pyongyang meluncurkan sebuah rudal misterius. Rudal tersebut diluncurkan dari sekitar kota pesisir timur Korut, Wonsan, dan jatuh ke perairan Laut Jepang.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga mengatakan, rudal tersebut tampaknya telah jatuh di perairan Jepang. Peluncuran tersebut merupakan pelanggaran yang terhadap resolusi PBB.

"Jepang sama sekali tidak dapat mentolerir tindakan provokatif Korut yang berulang. Kami telah memprotes keras ke Korut dan mengutuk tindakannya dengan cara yang paling kuat," katanya.

Sebelumnya, Korut juga telah melakukan uji coba sistem pertahanan udara baru. Uji coba ini disaksikan langsung oleh pemimpin Korut Kim Jong-un dimana ia memuji kemampuan sistem pertahanan tersebut. Menurutnya, sistem anti pertahanan udara Korut akan merusak mimpi musuh.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4172 seconds (0.1#10.140)