RI Berharap Pembahasan Kode Perilaku di LCS Segera Rampung

Kamis, 18 Mei 2017 - 23:43 WIB
RI Berharap Pembahasan Kode Perilaku di LCS Segera Rampung
RI Berharap Pembahasan Kode Perilaku di LCS Segera Rampung
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia berharap pembahasan mengenai kerangka dari kode perilaku atau Code of Conduct (CoC) di kawasan Laut China Selatan dapat rampung dalam waktu dekat. CoC akan dijadikan acuan bagi negara-negara di kawasan untuk bertindak di Laut China Selatan agar tidak terjadi konflik di kawasan tersebut.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir, pemerintah Indonesia sudah meminta komitmen dari China mengenai hal ini. Pemerintah China menegaskan akan memenuhi komitmen mereka.

"Pada saat pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Beijing, dan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden China Xi Jinping, Indonesia kembali mengingatkan China soal CoC," kata Arrmanantha.

"Presiden Xi menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan, bahkan menginginkan pembahasan ini rampung lebih cepat. Target selesai Juli atau Agustus, tapi bisa juga jadi lebih cepat," sambungnya pada Kamis (18/5).

Pembahasan mengenai CoC sendiri, yang dilakukan antara China dan ASEAN sudah berlangsung selama kurang lebih satu dekade. Pembahasan ini mulai menemui titik terang satu tahun terakhir, dimana ini terlihat dari semakin cepatnya proses pembahasan mengenai kesepakatan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6250 seconds (0.1#10.140)