Korsel Ragukan Klaim Korut Soal Teknologi Rudal Balistik

Senin, 15 Mei 2017 - 15:12 WIB
Korsel Ragukan Klaim Korut Soal Teknologi Rudal Balistik
Korsel Ragukan Klaim Korut Soal Teknologi Rudal Balistik
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) menyatakan mereka ragu akan klaim yang disampaikan Korea Utara (Korut) soal pengembangan teknologi rudal balistik. Korut menyatakan mereka sudah mendapatkan kemajuan yang cukup pesat dalam pengembangan teknologi rudal balistik.
"Diperlukan lebih banyak analisis untuk memverifikasi klaim Korut mengenai mereka mendapatkan kemajuan teknis dalam peluncuran rudal balistik," kata Kementerian Pertahanan Korsel dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (15/5).
Korut sebelumnya mengatakan, pihaknya telah berhasil melakukan uji coba rudal mid-to-long yang baru dikembangkan pada Minggu kemarin. Uji coba itu diawasi langsung oleh pemimpin Korut, Kim Jong-un, dan bertujuan untuk memverifikasi kemampuan untuk membawa hulu ledak nuklir skala besar yang besar.
Kantor berita Korut, KCNA mengatakan rudal itu mencapai ketinggian tertinggi ketimbang tes-tes sebelumnya, sehingga tidak mempengaruhi keamanan negara-negara tetangga. Rudal itu terbang 490 mil dan mencapai ketinggian 2.211,5 kilometer.
"Uji coba tersebut bertujuan untuk memverifikasi spesifikasi taktis dan teknologi dari roket balistik yang baru dikembangkan yang mampu membawa hulu ledak nuklir berukuran besar," kata KCNA.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5558 seconds (0.1#10.140)