Sejumlah Negara Desak Pertemuan Darurat Bahas Korut

Senin, 15 Mei 2017 - 04:56 WIB
Sejumlah Negara Desak Pertemuan Darurat Bahas Korut
Sejumlah Negara Desak Pertemuan Darurat Bahas Korut
A A A
NEW YORK - Sejumlah negara anggota PBB meminta pertemuan darurat untuk membahas masalah Korea Utara (Korut) setelah negara itu meluncurkan sebuah rudal. Sebuah pertemuan tertutup pun direncanakan akan digelar pada Selasa sore.

Misi Jepang untuk PBB mengatakan bahwa permintaan untuk sebuah pertemuan darurat adalah permintaan trilateral oleh Jepang, Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) seperti dikutip dari CBS News, Senin (15/5/2017).

Sementara itu, AS dan China tengah menegosiasikan babak baru sanksi yang lebih keras, jika terjadi provokasi lebih lanjut.

Korut melakukan uji coba rudal balistik pagi hari Minggu pagi dari sebuah fasilitas di dekat pantai barat negara tersebut. Peluncuran tersebut dilakukan lima hari setelah warga Korsel melakukan pemilihan untuk memilih presiden baru yang menginginkan dialog dengan Korut.

Rudal tersebut terbang selama setengah jam dan mencapai ketinggian yang luar biasa tinggi sebelum mendarat di Laut Jepang, kata militer Korea Selatan, Jepang dan AS. Tokyo mengatakan pola penerbangan bisa mengindikasikan jenis rudal baru.

Meskipun tidak segera jelas jenis rudal apa yang diluncurkan akhir pekan lalu, Komando Pasifik AS. mengatakan bahwa kemampunan meluncur rudal tersebut tidak sesuai dengan rudal balistik antar benua.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)