Filipina Kerahkan Pasukan ke Pulau Sengketa di LCS

Kamis, 11 Mei 2017 - 19:38 WIB
Filipina Kerahkan Pasukan ke Pulau Sengketa di LCS
Filipina Kerahkan Pasukan ke Pulau Sengketa di LCS
A A A
MANILA - Filipina dilaporkan telah mengerahkan pasukan dan sejumlah peralatan militer ke pulau Pag-asa. Pulau Pag-asa adalah salah satu pulau di kawasan Laut China Selatan yang menjadi sumber sengketa antara Filipina dan China.
Kepala Komando Barat Filipina, Letnan Jenderal Raul del Rosario menyatakan , pengerahan pasukan dan sejumlah peralatan tersebut sudah berlangsung sejak pekan lalu. Pasukan Filipina berada di pulau Pad-asa untuk membangun pulau tersebut.
Rosario menyebut sekitar USD 32 juta telah disisihkan untuk pembangunan di pulau itu, yang akan mencakup penguatan, pemanjangan landasan terbang dan juga dermaga yang berada di pulau tersebut.
"Tenaga surya, pabrik desalinasi dan peremajaan perumahan militer, serta lokasi penelitian kelautan dan wisatawan, direncanakan dibangun di pulau ini," kata Rosario, seperti dilansir Russia Today pada Kamis (11/5).
Awal bulan ini, Duta Besar China untuk Filipina Zhao Jianhua memperingatkan pembangunan di pulau tersebut, yang dikenal secara internasional sebagai Thitu, akan menjadi ilegal.
"Kami melihat pendudukan oleh pihak Filipina dari pulau-pulau tersebut sebagai ilegal. Jadi, bangunan di atasnya juga ilegal," katanya kala itu.
Zhao menambahkan, China akan memberikan peringatan kepada pesawat terbang yang mengganggu di wilayah udara pulau itu, serta pesawat tak diinginkan yang mungkin terbang di wilayah udara Pulau Kalayaan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)