Dipepet Kapal Iran, Kapal Perang AS Lepaskan Tembakan Peringatan

Kamis, 27 April 2017 - 02:01 WIB
Dipepet Kapal Iran,...
Dipepet Kapal Iran, Kapal Perang AS Lepaskan Tembakan Peringatan
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melepaskan suar perusak rudal sebagai peringatan kepada kapal Pengawal Revolusioner Iran. Tembakan peringatan itu dilakukan setelah keduanya terlibat insiden yang menegangkan di perairan Teluk Persia.

Letnan Ian McConnaughey dari Armada 5 yang berbasis di Bahrain mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi pada hari Senin. Dia mengatakan bahwa kapal Iran berada dalam jarak 1.000 meter dari kapal perang AS, USS Mahan.

"USS Mahan melakukan beberapa upaya untuk menghubungi kapal Iran tersebut melalui radio bridge-to-bridge, mengeluarkan pesan peringatan dan dua kali membunyikan sinyal bahaya yang diakui secara internasional dari lima bunyi singkat dengan peluit kapal tersebut, dan juga menyebarkan suar untuk menarik perhatian kapal Iran," jelas McConnaughey seperti dikutip dari Al-Arabiya, Kamis (27/4/2017).

Kapal Iran kemudian berlayar. Pihak berwenang Iran tidak segera melaporkan kejadian tersebut pada hari Rabu. Angkatan Laut AS dan Iran secara rutin terlibat insiden yang menegangkan di perairan Teluk.

Pada bulan Januari, USS Mahan juga terlibat insiden dengan kapal milik angkatan laut Iran. Dalam insiden itu, USS Mahan juga sempat melepaskan tembakan peringatan ke kapal Iran setelah mereka berusaha mendekati kapal perusak AS tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0649 seconds (0.1#10.140)