Tandingi Korut, Korsel Ikut-ikutan Tembakkan Rudal Balistik

Kamis, 06 April 2017 - 05:55 WIB
Tandingi Korut, Korsel Ikut-ikutan Tembakkan Rudal Balistik
Tandingi Korut, Korsel Ikut-ikutan Tembakkan Rudal Balistik
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) ikut-ikutan menguji tembak rudal balistik yang diklaim mampu menjangkau setiap lokasi di Korea Utara (Korut). Manuver Seoul ini sebagai tandingan rezim Pyongyang yang berkali-kali menguji tembak rudal balistik.

”Ada uji tembak baru-baru ini dari jenis rudal balistik Hyunmoo dengan jangkauan 800 km (497 mil) di lokasi tes Anheung dari Badan Pertahanan Pembangunan (ADD) di bawah cabang Kementerian Pertahanan,” kata sumber pertahanan Korsel seperti dikutip kantor berita Yonhap, Kamis (6/4/2017).

Sumber itu tidak mengungkap tanggal uji coba rudal balistik Korsel. Namun, dia memastikan uji tembak rudal itu berhasil.

Menurut laporan media Seoul itu, rudal balistik Hyunmoo mampu menargetkan setiap lokasi di Korut ketika ditembakkan dari wilayah selatan Korsel.

Klaim itu muncul setelah rezim Kim Jong-un menembakkan rudal balistik dari situs Sinpho, Provinsi Hamgyong Selatan, ke arah Laut Jepang. Manuver rudal Pyongyang ini terjadi menjelang pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan, rudal terbaru yang ditembakkan Korut kemarin adalah rudal Scud extended-range. Namun, rudal yang ditembakkan dalam uji coba itu mengalami kegagalan.

”Sebuah rudal Scud ER (extended-range) terbang sekitar 60km sebelum mengalami kegagalan dalam penerbangan dan menghantam Laut Jepang,” kata pejabat itu kepada AFP tanpa menyebutkan nama.

Jepang dan Korsel telah mengutuk uji coba rudal Korut. Sedangkan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan, Washington tidak lagi mengecam ulah rezim Kim Jong-un. ”AS telah berbicara cukup tentang Korut. Kami tidak punya komentar lebih lanjut,” ucapnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6873 seconds (0.1#10.140)