Milisi ISIS Menyamar Jadi Polisi Serang Tikrit, 31 Tewas

Rabu, 05 April 2017 - 17:08 WIB
Milisi ISIS Menyamar Jadi Polisi Serang Tikrit, 31 Tewas
Milisi ISIS Menyamar Jadi Polisi Serang Tikrit, 31 Tewas
A A A
BAGHDAD - Setidaknya 31 orang tewas, termasuk 14 polisi, dan lebih dari 40 terluka dalam serangan yang dilakukan oleh ISIS di Tikrit. Demikian pernyataan sumber medis dan keamanan.

Dituturkan oleh kolonel polisi Khalid Mahmoud, militan ISIS mengenakan seragam polisi dan menggunakan kendaraan polisi untuk memasuki kota, yang terletak 175 km sebelah utara Baghdad itu. Ia mengatakan ada sekitar 10 penyerang, termasuk dua pembom bunuh diri seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/4/2017).

"Sebanyak 31 mayat dibawa ke rumah sakit, termasuk 14 anggota polisi," kata Nawfal Mustafa, seorang dokter di rumah sakit utama kota. Jumlah korban tewas meningkat di pagi hari saat sejumlah mayat ditemukan. Mereka adalah warga sipil yang tewas di toko-toko mereka.

"Serangan menargetkan pos pemeriksaan polisi dan rumah seorang kolonel polisi, yang tewas dengan empat anggota keluarganya," kata petugas.

Dua penyerang bunuh diri meledakkan rompi mereka ketika dikelilingi oleh polisi, dan tiga orang lainnya tewas dalam bentrokan terpisah.

Lima militan diduga bersembunyi dan Mahmoud mengatakan pihak berwenang Tikrit telah menyatakan jam malam pada hari Rabu. Tembakan sporadis terdengar di pagi hari.

Serangan datang sebagai balasan atas aksi ofensif mengusir ISIS yang tengah berlangsung di Mosul. Aksi ofensif terhadap kubu utama kelompok ekstrimis itu di Irak didukung oleh Amerika Serikat (AS).

Para militan menyerbu sekitar sepertiga dari wilayah Irak hampir tiga tahun yang lalu. Mereka berhasil menguasai sejumlah kota di utara dan barat Baghdad, termasuk Tikrit.

Pasukan Irak dan milisi Syiah yang didukung Iran kemudian mengusir militan dari Tikrit dua tahun lalu. Tikrit adalah wilayah rumah Saddam Hussein, mantan presiden yang digulingkan dalam invasi ke Irak pada 2003 pimpinan AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6736 seconds (0.1#10.140)