Carrie Lam, Pemimpin Wanita Pertama Hong Kong

Minggu, 02 April 2017 - 07:00 WIB
Carrie Lam, Pemimpin Wanita Pertama Hong Kong
Carrie Lam, Pemimpin Wanita Pertama Hong Kong
A A A
HONG KONG baru saja memiliki pemimpin baru. Carrie Lam didapuk menjadi pemimpin dan menjadikannya sebagai wanita pertama yang diberikaan amanah mengendalikan roda kepemimpinan di negeri bekas koloni Inggris.

Bukan perkara mudah buat Carrie. Ia bukan hanya dituntut bisa menyenangkan hati warga Hong Kong, tapi sekaligus pemerintah China.

Untuk menduduki kursi pimpinan, Carrie sejak awal memang sudah diperkirakan banyak kalangan. Ia pun berhasil meraih 777 suara dari total 1.200 suara komite pemilu. Pesaingnya, mantan kepala keuangan, John Tsang, berada di tempat kedua dengan 365 suara dan mantan hakim, Woo Kwok-hing, berada di posisi buncit dengan 21 suara.

Buat kalangan aktivis jelas terpilihnya Carrie akan menambah daftar panjang perjuangan mereka yang sejak awal mengidamkan berpisah dari China. Di hari pemungutan suara, pekan lalu, kalangan aktivis sampai merasa perlu bersitegang dengan polisi yang menghalangi niat mereka berunjuk rasa di dekat tempat pemungutan suara.

Seperti apa tantangan yang akan ditemui selanjutnya wanita berusia 59 tahun itu? Baca ulasan lengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi No. 5/VII/2017 yang terbit Senin (3/4/2017).

Carrie Lam, Pemimpin Wanita Pertama Hong Kong
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6263 seconds (0.1#10.140)