AS Serahkan Nasib Assad pada Rakyat Suriah

Jum'at, 31 Maret 2017 - 15:56 WIB
AS Serahkan Nasib Assad...
AS Serahkan Nasib Assad pada Rakyat Suriah
A A A
WASHINGTON - Sikap Amerika Serikat (AS) kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad nampaknya memang benar-benar telah melunak. Hal ini bisa terlihat dari serangkaian pernyataan yang dibuat oleh para pejabat AS.

Pernyataan terbaru dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson. Dimana, mantan bos Exxon Mobile itu menyebut pihaknya akan menyerahkan masa depan Assad kepada masyarakat Suriah.
“Saya pikir status jangka panjang dari Presiden Assad akan diputuskan oleh rakyat Suriah,” kata Tillerson dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (31/3).

Sebelumnya, Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley menuturkan AS sudah tidak lagi fokus untuk melengserkan al-Assad sebagai syarat untuk mengakhiri perang di Suriah.

"Prioritas kami adalah untuk benar-benar melihat bagaimana kita mendapatkan sesuatu, yang kita perlu untuk bekerja dengan benar-benar membuat perbedaan bagi orang-orang di Suriah. Kita tidak bisa selalu fokus pada Assad, seperti cara pemerintahan sebelumnya lakukan," ucap Haley.

Sejak 2011, ketika konflik di Suriah dimulai, Washington telah menegaskan bahwa “Assad harus lengser” sebagai satu-satunya solusi yang dapat diterima untuk perdamaian di negara itu. AS telah memberikan senjata dan pelatihan kepada mereka yang disebut “pemberontak moderat” di Suriah, sehingga mereka bisa melawan ISIS daripada pemerintah.

Saat meninggalkan Departemen Luar Negeri pada bulan Januari, mantan Menteri Luar Negeri John Kerry mengakui bahwa pemerintahan Obama berencana untuk menggulingkan pemerintah Assad dengan mendukung para pemberontak. Tetapi permainan seluruhnya berubah ketika Rusia melakukan intervensi pada September 2015.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)