Pertama di Dunia, Sungai di Selandia Baru Berstatus seperti Manusia

Kamis, 16 Maret 2017 - 17:54 WIB
Pertama di Dunia, Sungai di Selandia Baru Berstatus seperti Manusia
Pertama di Dunia, Sungai di Selandia Baru Berstatus seperti Manusia
A A A
WELLINGTON - Untuk pertama kalinnya di dunia, Sungai Whanganui di Selandia Baru resmi diberi status yang sama seperti manusia. Sungai ini disembah Suku Maori karena diyakini sebagai leluhur mereka.

Selama 140 tahun Suku Maori memperjuangkan status Sungai Whanganui. Kini, sungai ketiga terbesar di Selandia Baru ini akan diberikan dua perwakilan, salah satu dari Suku Maori dan satu dari Crown.

”Saya tahu kecenderungan awal dari beberapa orang akan mengatakan itu cukup aneh untuk memberikan sumber daya alam berupa status hukum personal,” kata Menteri Negosiasi Perjanjian Selandia Baru Chris Finlayson setelah memberikan status sungai itu pada hari Rabu 15 Maret.

”Tapi ibu bukan ha lasing dari kepercayaan keluarga atau mayarakat,” ujarnya. Dengan status baru ini, tindakan merugikan Sungai Whanganui disamakan seperti merugikan orang pada umumnya.

Pemberian status untuk Sungai Whanganui disambut dengan derai air mata dan lantunan musik oleh ratusan perwakilan suku di parlemen Selandia Baru.

”Alasan kami telah mengambil pendekatan ini adalah karena kita menganggap sungai sebagai leluhur,” kata Gerrard Albert, negosiator utama untuk suku di Whanganui kepada Guardian, yang dikutip Kamis (16/3/2017).

”Kami telah berjuang untuk menemukan sebuah pendekatan dalam hukum sehingga semua orang dapat memahami dari sudut pandang kami dengan memperlakukan sungai sebagai entitas yang hidup,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5311 seconds (0.1#10.140)