Lagi, Kapal Mata-mata Rusia Dekati Wilayah AS

Kamis, 16 Maret 2017 - 16:06 WIB
Lagi, Kapal Mata-mata Rusia Dekati Wilayah AS
Lagi, Kapal Mata-mata Rusia Dekati Wilayah AS
A A A
WASHINGTON - Kapal mata-mata Rusia Viktor Leonov SSV-175 kembali muncul di lepas Pantai Timur Amerika Serikat (AS). Aksi kapal mata-mata Rusia mendekati wilayah AS ini merupakan yang kedua kalinya dalam tempo satu bulan.

Para pejabat AS mengatakan Kapal Viktor Leonov itu terlihat berlayar di lepas pantai Georgia yang dekat dengan pangkalan kapal selam angkatan laut AS.

Kapal mata-mata dengan panjang 300 kaki ini dikenal sebagai kapal pukat AGI (Auxiliary, General, Intelligence). Kapal ini terlihat di wilayah internasional yang berjarak sekitar 20 mil laut dari Georgia untuk beberapa jam pada hari Rabu (15/3/2017).

Salah satu pejabat AS yang berbicara dalam kondisi anonim kepada CNN, Kamis (16/3/2017), mengatakan bahwa kapal mata-mata Rusia itu dilengkapi dengan berbagai peralatan pengintai yang canggih. Kapal tersebut sedang menuju ke arah utara ketika berlayar di dekat Kings Bay dekat perbatasan Florida. Di kawasan itulah, pangkalan armada kapal selam AS yang dilengkapi rudal balitik berada.

Menurut laporan awal, Kapal Viktor Leonov berlabuh di Kuba sebelum memulai perjalanan menuju pantai AS. Kapal tersebut diduga akan menuju ke Jamaika dan berlabuh di sana pada pertengahan April nanti.

”Mereka kembali kepada taktik Perang Dingin, karena pertemuan yang dekat dan terstruktur untuk mencegah kecelakaan yang tak diinginkan. Mereka memata-matai. Sekarang bisa dikatakan bahwa itu bisa diterima di bawah norma-norma internasional untuk melakukan itu selama mereka tidak menembus di wilayah kita, di perairan kita,” kata pensiunan perwira angkatan laut AS, Bob Natter, yang sebelumnya memimpin Armada Atlantik AS.

Pada Februari lalu, kapal mata-mata Rusia tersebut dilaporkan muncul di wilayah yang berjarak sekitar 30 mil dari lepas pantai Connecticut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)